90 Mahasiswa UNDIP Terima Beasiswa Alumni UNDIP

90 Mahasiswa UNDIP Terima Beasiswa Alumni UNDIP

Category : Beranda , Berita

Yayasan Alumni Beasiswa Universitas Diponegoro kembali memberikan beasiswa kepada 54 mahasiswa Universitas Diponegoro, terdiri dari 16 penerima beasiswa baru dan 38 perpanjangan beasiswa. Total penerima beasiswa sejak program ini diadakan berjumlah 90 mahasiswa. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 500 ribu setiap bulan hingga lulus kuliah. Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum didampingi Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Dr. Darsono, SE., Akt., MBA dan Ketua Pengelola Beasiswa Alumni Undip Dharmawan, SE.Akt secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada perwakilan mahasiswa penerima beasiswa. Acara penyerahan beasiswa ini dilaksanakan pada Sabtu siang, 29 Februari 2020 di Gedung Widya Puraya Kampus Undip, Semarang, Jawa Tengah.

Selain memberikan bantuan uang untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk membayar UKT, Penerima beasiswa juga dibekali dengan berbagai soft skill seperti pelatihan team building, digital marketing dan pelatihan-pelatihannya lainnya sesuai minat dan bakat mahasiswa.Tak hanya itu, Yayasan Alumni Beasiswa Undip juga memberikan bantuan tempat tinggal bagi penerima beasiswa yang berasal dari luar kota dan kesulitan mencari tempat kost dengan biaya sewa murah.

“Ada donatur yang meminjamkan rumahnya secara gratis. Kami sebagai pengelola beasiswa menjadikan rumah tersebut sebagai rumah kost dengan uang sewa murah Rp. 250 ribu perbulan. Uang sewa tersebut dipergunakan untuk operasional rumah seperti membayar biaya listrik, air, internet dan beras”, jelas Dharmawan, SE. Akt, Ketua Pengelola Beasiswa Alumni

Beasiswa diberikan pada mahasiswa yang kesulitan secara finansial karena kondisi orang tua seperti kena PHK, kena musibah bencana atau orang tua meninggal dunia. Beasiswa diberikan hingga mahasiswa lulus kuliah.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama mengucapkan terima kasih kepada para alumni Undip yang telah bahu membahu memberikan bantuan beasiswa. Kepada para penerima beasiswa, Rektor berpesan agar bersyukur, meningkatkan rasa nasionalisme dan bersikap optimis.

“Bersikaplah optimis dapat menyelesaikan kuliah hingga lulus dalam waktu 4 tahun serta meraih predikat cumlaude. Tanamkan pula keyakinan dalam diri bahwa jika saat ini menjadi penerima beasiswa, maka kelak akan menjadi pemberi beasiswa”, pesan Rektor Prof. Dr. Yos Johan Utama di hadapan para mahasiswa penerima beasiswa.

Rektor berharap dengan adanya program beasiswa ini, mudah-mudahan tidak ada lagi mahasiswa Undip yang kuliahnya terhenti ditengah jalan karena terkendala biaya hidup atau biaya kuliah.

Sejak Yayasan Beasiswa Alumni Undip berdiri pada Juni 2016 lalu, hingga saat ini tercatat sudah ada 500 lebih donatur. Jumlah dana yang terkumpul sampai saat ini mencapai Rp 1,2 miliar lebih. Kedepan program beasiswa alumni Undip tidak hanya untuk mahasiswa S1 namun juga akan diberikan pada mahasiswa yang sedang menempuh S2 atau S3. Bagi para alumni Undip yang ingin berpartisipasi dalam program beasiswa ini dapat menyalurkan bantuan melalui Rekening BNI 2406201613 atas nama Dharmawan SE.Akt – Ir. Sadrianto Yoedhyono atau dapat menghubungi pengelola Beasiswa Alumni di nomor HP 0816-4222993 untuk penjelasan lebih lanjut. (NH)


Statistik