Kunjungan Studi Banding UNESA ke UNDIP

Kunjungan Studi Banding UNESA ke UNDIP

Category : Beranda , Berita

Baru saja Universitas Diponegoro menerima kunjungan dari Universitas Negeri Surabaya dalam rangka studi banding. Tim dari Unesa dijamu di Ruang Sidang Rektor lantai 2 gedung Widya Puraya kampus Undip Tembalang. Acara kunjungan yang dilaksanakan pada Kamis (5/3) tersebut membahas tentang kesiapan yang diperlukan untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum. menyampaikan bahwa status PTNBH adalah tantangan untuk lebih meningkatkan inovasi, riset dan juga kesejahteraan. Beberapa kelebihan PTNBH diantaranya memiliki otonomi luas dalam hal akademik, salah satunya PTN bersangkutan memiliki kewenangan untuk membuka dan menutup prodi PTN nya. Untuk tarif pendidikan, PTNBH menetapkan tarif biaya pendidikan berdasarkan pedoman teknis penetapan tarif yang ditetapkan oleh Menteri. 

Selanjutnya di bidang keuangan, pendapatan PTN Badan Hukum merupakan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), dari segi aset, aset yang diperoleh dari usaha PTNBH menjadi aset PTNBH yang merupakan aset negara yang dipisahkan, sementara aset berupa tanah yang berada dalam penguasaan PTNBH yang diperoleh dari APBN merupakan barang milik negara.

Lebih lanjut, Prof. Yos menyampaikan,”Beberapa keleluasaan otonomi pengelolaan kampus memacu peningkatan dalam mendukung pemeringkatan. Beberapa diantaranya program percepatan guru besar dengan “OPOC” yakni one profesor one candidate, dimana yang berjalan saat ini seorang profesor tidak lagi mengkader satu calon gubes, tapi beberapa calon gubes”.

Adapun persiapan yang sudah dirintis adalah Undip akan membangun “UDID” University Digitally Diponegoro untuk menyongsong perubahan dinamis di era digital dengan pembelajaran berbasis teknologi dengan tetap memperhatikan classical values.

Sementara, Ketua Senat Unesa Prof. Dr. Haris Supratno menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat Undip untuk kunjungan Unesa ke Undip. Acara dirangkai dengan diskusi tentang banyak hal yang berkaitan dengan perubahan status PTNBH. Sebagai penutup acara adalah tukar menukar cindera mata dan foto bersama.(Ut_Humas)


Statistik