2017, Undip Duduki Peringkat 4 Universitas Terbaik di Indonesia

2017, Undip Duduki Peringkat 4 Universitas Terbaik di Indonesia

Category : Beranda , Berita , Info Kampus

Pada tahun 2017 ini Undip menduduki peringkat ke 4 Universitas Terbaik di Indonesia. Pemeringkatan dilakukan oleh 4ICU University Web Ranking terhadap lebih dari 398 Perguruan Tinggi di Indonesia yang dirilis melalui situs http://www.4icu.org/id/ .

4ICU University Web Ranking yang dirilis beberapa waktu lalu merupakan salah satu pemeringkatan non-akademis yang menunjukkan gambaran mengenai peringkat popularitas universitas-universitas di dunia berdasarkan popularitas dari website masing-masing universitas. Peringkat ini didasarkan pada algoritma yang meliputi 4web metrics, yaitu Google Page Rank, Alexa Global Rank, Majestic Referring Subnets, serta Majestic Trust Flow.

Tujuan dari perengkingan ini adalah untuk memberikan ranking perkiraan non-akademik semua institusi pendidikan tinggi di Indonesia berdasarkan popularitas situs resmi mereka.

Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama menyampaikan, “Mengejar peringkat bukan menjadi tujuan utama Undip melainkan Undip berkomitmen penuh untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya melalui upaya pemenuhan indikator yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan bergengsi”, tuturnya.

“Pemeringkatan ini bisa dijadikan sebagai benchmark terhadap institusi lain dan menjadi pendorong untuk perbaikan di waktu mendatang, Rektor pun menyampaikan bahwa saat ini Undip sedang dalam proses untuk menyempurnakan situs resmi Undip agar lebih mudah diakses oleh para mahasiswa, dosen, ataupun pengunjung yang memerlukan informasi mengenai Undip.

10 Calon Guru Besar Baru

Pencapaian Undip ini merupakan hasil kerja keras segenap elemen yang ada di kampus. Tahun 2016, Undip pada saat ini sedang menggenjot jumlah guru besar dan doktornya. Menutup tahun 2016 lalu Senat akademik Undip telah berhasil menetapkan 10 calon profesor untuk di ajukan ke Dikti hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof. M. Zainuri,Rabu,(25/1) saat ditemui di sela acara Wisuda Universitas.

Selain memberikan akselerasi untuk meningkatkan capaian jumlah profesor melalui luncuran skim penelitian Professorship. Undip juga memberikan skim penelitian yang serupa untuk memfasilitasi para Profesor Undip dalam rangka untuk memenuhi kewajiban profesor , yaitu antara lain: 1. Melakukan Publikasi bereputasi; 2. Menuangkan/ men-diseminasi ide-ide inovatif di forum nasional/ internasional; 3. Menulis buku. Hal ini adalah sesuai dengan tuntutan penjaminan mutu suatu perguruan tinggi guna memenuhi Standard Nasional Pendidikan Tinggi.

Zainuri menambahkan dengan menjaga mutu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat maka Undip turut berkontribusi dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten yang dapat bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan bangsa. Lebih lanjut, pencapaian ini menunjukkan bahwa Undip semakin menunjukkan eksistensinya di jajaran perguruan tinggi yang ada di Indonesia” tandas Mantan Dekan FPIK Undip tersebut. (Humas Undip/Ipung Purwanto)


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6