FKM Undip Gembleng Calon Relawan Muda KSR PMI

FKM Undip Gembleng Calon Relawan Muda KSR PMI

Category : Beranda , Berita , Events

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan 120 Jam Bagi Calon Anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Unit FKM UNDIP, Rabu (1/02) di Kampus FKM Undip Tembalang. Pelatihan ini mengusung tema “Realisasi Relawan Muda, dalam Upaya Peningkatan Softskill   sebagai Pelopor Generasi Kepalangmerahan Indonesia”.

Dekan FKM Undip Hanifa Maher Denny, SKM, M.PH., Ph. D menyampaikan bahwa kegiatan sertifikasi kepalangmerahan melalui Diklat 120 Jam sangat penting bagi anggota KSR. Selain itu, melalui materi-materi yang disampaikan juga sangat bersinggungan dengan materi pembelajaran di FKM Undip.

“Pendidikan dan Pelatihan 120 Jam (Diklat 120 Jam) adalah kegiatan pelatihan yang dilakukan untuk memberikan kecakapan dasar kepada calon anggota baru UPK KSR PMI Unit FKM Undip yang diperlukan dalam menjalankan kegiatan kepalangmerahan.”

Dekan FKM Hanifa Maher Denny mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan KSR PMI sebagai tanda dimulainya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan 120 Jam Bagi Calon Anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Unit FKM UNDIP, Rabu (1/02) di Kampus FKM Undip Tembalang.

Dekan FKM Hanifa Maher Denny mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan KSR PMI sebagai tanda dimulainya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan 120 Jam Bagi Calon Anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Unit FKM UNDIP, Rabu (1/02) di Kampus FKM Undip Tembalang.

“Selain itu, kegiatan Diklat 120 Jam ini juga bertujuan antara lain untuk Menyiapkan anggota KSR PMI Unit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro sebagai relawan Palang Merah Indonesia yang terampil dan berkompeten, Mengoptimalkan peran dan fungsi anggota KSR PMI Unit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro di lingkungan kampus dan masyarakat, Mencetak anggota KSR PMI Unit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang mampu mengaplikasikan ketrampilan kepalangmerahan secara optimal dan Ikut berperan secara aktif pada kegiatan Kepalangmerahan didalam dan diluar Perguruan Tinggi.

Diklat 120 Jam ini akan dilaksanakan selama 11 hari, dimulai tanggal 1-13 Februari 2017. Jumlah peserta dalam diklat 120 Jam ini adalah 41 orang peserta. Kegiatan Diklat 120 Jam ini akan dibina oleh anggota PMI Kota Semarang yang akan memberikan materi-materi mengenai kepalangmerahan meliputi; Sejarah Gerakan Palang Merah dan Lambang Palang Merah, Code of Conduct, Incident Command Triage, Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga dan materi lain sesuai dengan kurikulum Palang Merah Indonesia.

Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam Diklat 120 Jam ini, diharapkan dapat mencetak anggota-anggota KSR yang tanggap dan memiliki kecapakan dalam melakukan kegiatan-kegiatan kepalangmerahan serta tugas perbantuan kemanusiaan.

Upacara ini dihadiri oleh Dekan FKM Undip, Hanifa Maher Denny, SKM, M.Ph., Ph. D. Wakil Dekan I Dr. drg. Henry Setyawan S, M.S  Dosen Pembina UPK KSR PMI Unit FKM Undip Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes dan Hadi Anwar, S.Kom selaku Kasubbag. Kemahasiswaan FKM Undip. Hadir pula Dr. dr. Yan Wisnu Prajoko M.Kes S.P.B (k) Onk dan Endang Puji A selaku perwakilan pengurus PMI Kota Semarang serta perwakilan Komandan KSR se-Kota Semarang.  (Kontributor: Hadi Anwar/FKM- Editor: Rintu Kaloka/HUMAS)


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6