IKA FISIP Kembangkan Mutualistik Kualitatif dengan Almamater

IKA FISIP Kembangkan Mutualistik Kualitatif dengan Almamater

Category : Beranda , Berita , Info Kampus , Kerjasama

Alumni mempunyai peran penting dalam pengembangan perguruan tinggi terutama dalam bentuk sumbangan pemikiran dan trasfer keahlian pengalaman dan jejaring kerja lulusan.

“Fisip Undip membutuhkan peran alumni lebih konkrit dalam mengembangkan institusi terutama membantu dalam akses sumber daya dan infra struktur sehingga akan membuat kampus menjadi tempat yang lebih memadai dan representatif buat belajar mahasiswa” ujar Sunarto, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro dalam acara Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) FISIP Undip Tahun 2016 – 2020 di Aula Auditorium FISIP lantai 3, Jumat (17/2).

“Kedepan, secara rutin Fisip Undip dan alumni akan menyelenggarakan program alumni mengajar, dimana alumni yang mempunyai kiprah sukses dan mempunyai puncak karir yang baik akan di jadwalkan secara terstruktur untuk mengajar sebagai dosen tamu membagikan pengalaman selama bekerja” tandasnya.

“Melalui alumni mengajar, alumni juga dapat menginformasikan peluang kerja kepada mahasiswa yang akan selesai kuliah, sehingga lulusan bisa langsung terserap dan tidak menunggu lama untuk mendapatkan pekerjaan” tambahnya

Mewakili Gubernur Jawa Tengah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Gatot Bambang Hastowo dalam kesempatannya menyampaikan, IKA FISIP Undip adalah aset bangsa yang harus memiliki idealisme dan konsisten terhadap nilai-nilai, para pengurus sebaiknya mengedepankan dan memupuk semangat kebersamaan dan kegotong-royongan, menciptakan solidaritas dan memperkuat persatuan, melandasi perkerjaan dengan iklas serta merawat dengan baik nama besar almamater.

Sedangkan Ketua DPP IKA Undip, Maryono menyampaikan bahwa pada saat ini Ikatan Alumni di Undip sudah tidak malu-malu dan sangat percaya menunjukkan eksistensinya lebih luas. “Fakultas atau jurusan boleh mendeklarasikan ikatan alumni departemen atau jurusan, tetapi mekanismenya harus lapor ke pengurus pusat untuk koordinasi” ungkapnya. Maryono mencotohkan bahwa sudah berdiri ikatan alumni jurusan/program studi seperti Ikatan Alumni Teknik Kimia, Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi, Ikatan Alumni Teknik Sipil dan Ikatan Alumni Fisip Undip yang akan mendorong berdirinya Ikatan Alumni Komunikasi, Pascasarjana, Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Politik dan Pemerintahan dan Alumni Hubungan Internasional.  “Intinya tidak ada pelarangan untuk pendiria tetapi satu koordinasi dengan Ikatan Alumni yang berada diatasnya yaitu Ikatan Alumni Fakultas, dan dari masing-masing fakultas juga harus tetap satu koordinasi dengan Ikatan Alumni Undip” tegasnya. Maryono mengatakan baru kali ini melantik kepengurusan IKA Fakultas di dalam kampus, biasanya di luar kampus, tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan menularkan semangat dan aura positif kepada adik-adik mahasiswa.

Ahmad Muqowam dilantik menjadi ketua dalam struktur baru kepengurusan Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Fisip Undip periode tahun 2016-2020. “Alumni Fisip Undip telah melakukan pembentukan berbagai perkumpulan atau organisasi sebagai wadah alumni, namun seiiring dengan terbitnya PP no. 52/2015 tentang statuta undip Fisip Undip bersama alumni fisip membentuk organisasi alumni sebagai wadah dalam mencapai kemajuan dan mewujudkankeadilan dan kemakmuran bagi alumni, almamater, masyarakat bangsa dan negara” terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan tujuan di bentuknya IKA Fisip adalah membina hubungan yang mutualistik kualitatif dengan Fisip Undip, membina dan mewujudkan persatuan dan kebersamaan anggota, melakukan kerjasama dan usaha bersama yang berdaya guna bagi alumni, almamater dan masyarakat, dengan menjunjung sifat kekeluargaan, kemasyarakatan dan profesional. “Banyak alumni menduduki posisi-posisi strategis sehingga diharapkan untuk dapat mengembangkan jejaring alumni dan membantu kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh fakultas” tandasnya. (Linda Humas Undip/Agus&Widi Humas Fisip)


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6