Mahasiswa Teknik Mesin UNDIP Juara III Lomba Desain Mobil Pedesaan Kementerian Perindustrian

Mahasiswa Teknik Mesin UNDIP Juara III Lomba Desain Mobil Pedesaan Kementerian Perindustrian

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) bersama Institut Otomotif Indonesia (IOI) telah mengadakan lomba Desain Kendaraan Pedesaan dengan mengajak seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat mahasiswa/i terhadap industri otomotif, meningkatkan perekonomian di pedesaan dan membangun industri yang kompeten untuk memproduksi kendaraan dalam negeri. Terdapat 21 tim yang mengirimkan desain kepada panitia lomba yang terdiri dari Perguruan Tinggi (PT) di seluruh Indonesia. Tahap Penjurian I Lomba Desain Kendaraan Pedesaan di Jakarta melibatkan juri diantaranya terdiri dari Kemenperin RI, IOI, Perhimpunan Insyinyur Indonesia (PII), praktisi otomotif dan beberapa pihak lain.

Tim desain mobil pedesaan dari Universitas Diponegoro berhasil masuk dalam 5 besar desain terbaik yang ditampilkan pada Expo Desain Mobil Pedesaan di Bali pada (9/3). Tim ini terdiri dari mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro dengan tim inti yang terdiri dari Aditya Ispramudita O, Dedy Teja Mukti, Sabilly Rasyad  dan didukung oleh Tim Desain Solidworks di Departemen Teknik Mesin UNDIP. Tim ini dibimbing oleh  Dr. Rifky Ismail, ST, MT.

“Pastinya bangga bisa memperkenalkan konsep mobil pedesaan. Harapannya konsep mobil pedesaan ini dapat diterima dan diminati oleh masyarakat pedesaan,” Ujar Ketua tim Gentayu UNDIP, Aditya Ispramudita O (21).

Expo mobil pedesaan tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI, I Gusti Putu S dan Presiden Institut Otomotif Indonesia, I Made Dana Tangkas. Kemenperind RI dan IOI menginginkan adanya mobil pedesaan yang multifungsi, sederhana desainnya, mudah dan murah untuk diproduksi. Dengan adanya kontes tersebut diharapkan dapat menjadi cikal bakal kemajuan bangsa dengan meningkatkan potensi dalam negeri yang salah satunya dimulai dari mobil pedesaan.

Konsep yang ditawarkan dari Tim Gentayu Universitas Diponegoro itu sendiri adalah dengan membuat konsep kendaraan multifungsi yang berfungsi untuk mengangkut barang, mesin pertanian dan penumpang. Mobil ini menggunakan mesin diesel kurang dari 1000 cc sehingga kemampuan mobil menjadi lebih kuat dan bertenaga.

“Mobil Gentayu UNDIP didesain dengan bentuk yang sederhana agar dapat mudah diproduksi dengan biaya yang murah namun tetap mempertimbangkan aspek estetika yang baik,” sebagaimana dijelaskan oleh Dosen Pembimbing Dr. Rifky Ismail, MT.

“Keunggulan desain Mobil Gentayu UNDIP adalah adanya bak belakang mobil yang bisa diperlebar apabila diperlukan, misal untuk menjalankan alat mesin pertanian sehingga kita dapat memanfaatkan ruang dari bak mobil yang dilebarkan. Selain itu pula dapat dimanfaatkan bagi masyarakat desa untuk berjualan makanan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Tim Gentayu UNDIP mendapat banyak liputan elektronik dan cetak dari media nasional karena bentuknya yang mengusung konsep sederhana tetapi menarik. Mobil Gentayu UNDIP berhasil mencuri perhatian dan menjadi cover story dari beberapa liputan media nasional. Untuk pengembangan berikutnya diharapkan penelitian dan pengembangan mobil pedesaan ini terus dilakukan sehingga dapat menjadi kandidat salah satu mobil pedesaan yang desainnya akan dijadikan referensi oleh Kemenperin untuk diwujudkan menjadi mobil pedesaan nasional.

Baca juga :


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6