Hari Air Sedunia, Kementerian PUPR Gandeng FT Undip Kampanyekan Masyarakat Peduli Air

Hari Air Sedunia, Kementerian PUPR Gandeng FT Undip Kampanyekan Masyarakat Peduli Air

Category : Beranda , Berita , Events

Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2017 kali ini dimanfaatkan Fakultas Teknik Undip  bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) untuk melakukan kampanye mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan sumber air. Kampanye yang dilakukan juga mengajak masyarakat untuk peduli pada mata air, Rabu (22/3).

Konservasi air dimaksudkan sebagai upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat dan fungsi air agar senantiasa tersedia dalam kualitas dan kuantitas yang memadai untuk kebutuhan makluk hidup baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang,” ujar Dekan Fakultas Teknik M Agung Wibowo.

“Karena 80 persen air mengalir begitu saja ke sungai, laut dan ke tempat yang lain tanpa melalui proses pengolahan. Hal tersebut berpotensi menjadi air limbah yang terlewatkan begitu saja. Padahal, diwaktu yang sama, ketersediaan air untuk air baku air minum masih sangat ternyata dan minim. Air baku tidak sebanding dengan jumlah permintaan dan kebutuhan, seiring meningkatnya jumlah penduduk dunia. Dan Setiap tahun, data memperlihatkan masih banyak anak-anak meninggal dunia akibat buruknya sanitasi dan pencemaran air.

Mari kita bersama-sama peduli air untuk generasi selanjutnya. Mari sama-sama kita menjaga sumber daya air saat ini,” katanya.

Peringatan Peduli Air yang diikuti oleh berbagai komunitas pecinta lingkungan ini juga melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah penanaman pohon membersihkan saluran sungai banjir kanal barat, penyebaran bibit ikan dan pembersihan enceng gondok di sungai rawapening.

Sementara itu Kepala Balai Besar Wilayah Sungai  Kementerian PUPR Ir.H.Ruhban Ruzziyatno, MT mengatakan bahwa Hari Air Sedunia (World Water Day) adalah hari yang diperingati atau dirayakan sebagai usaha untuk menarik atensi publik masyarakat sedunia (internasional) mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan dan usaha advokasi untuk melindungi sumber daya air bersih secara berkelanjutan. Ini adalah hari untuk membuat perbedaan bagi anggota populasi global yang mengalami masalah terkait air, dan merupakan hari untuk mempersiapkan bagaimana kita mengelola air di masa depan.

Sejak tahun 1992, PBB telah menetapkan tanggal 22 Maret sebagai World Water Day atau yang kita kenal dengan HARI AIR DUNIA. Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan informasi dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat dunia terhadap pentingnya air bagi kehidupan. Tahun 2017, PBB melalui UN WATER menetapkan Water and Wastewater sebagai tema Hari Air Dunia.

kemenpupr-ft

Dekan FT Undip melakukan penanaman pohon di sekitar waduk Undip sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga dan pengelolaan air di masa yang akan datang


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6