Undip, Launching PT. Undip Maju

Undip, Launching PT. Undip Maju

Category : Beranda , Berita

Setelah resmi menjalankan kelembagaan dengan struktur baru sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) Undip melaunching badan usaha pengelola seluruh unit usaha Undip dengan nama Undip Mandiri Aneka Jasa dan Usaha (PT.Undip Maju).

Adapun pada launching tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua WaliAmanat Undip Prof. Esmi Warasih, Sekretaris Senat Akademik Prof. Endah Susilowati, para Wakil Rektor, Dekan di Lingkungan Undip serta para Direktur.

Dalam sambutannya Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengatakan setelah Undip berubah menjadi PTN-BH Undip harus mempunyai kemandirian finansial disamping dari pendapatan yang sudah ada pada saat sekarang ini, Undip harus mempunyai sumber-sumber pendapatan yang baru,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya holding company ini Undip mendapatkan sumber pendapatan baru yang dapat digunakan untuk mengurangi beban biaya kuliah untuk mahasiswa sehingga biaya kuliah di Undip itu bisa menurun,” kata mantan Dekan FH Undip ini.

Rektor menambahkan dengan adanya mandat Undip menjadi PTN-BH, Undip juga harus bisa melakukan hilirisasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari dosen dan mahasiswa. Untuk itu Holding Company ini sebagai wadah untuk memfasilitasi sehingga hasil riset bisa masuk ke market industri.

Di tahun 2017 PT. Undip Maju akan mulai menjalankan roda bisnisnya dengan kegiatan meliputi Agro Industri Peternakan dan Pertanian, Agro Tourism di Kabupaten Batang dan mendirikan lembaga konsultan Psikologi, Engineering serta pengaktifan kembali radio Undip.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Budi Setiyono menjelaskan bahwa PTN badan hukum dapat mengatur dirinya sendiri dalam menentukan segala kebijakannya, pembangunan badan usaha, serta diharuskannya fungsi akuntabilitas serta transparansi terutama perihal dana,” jelasnya.

Namun kemudian tidak lantas membuat adanya komersialisasi pendidikan serta berorientasi pasar yang hanya mengharapkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Karena sebagai PTN-BH Undip harus menyelenggarakan fungsi pendidikan tinggi yang terjangkau oleh masyarakat,” pungkasnya. (Ipung-HUMAS)

DSC_0779999


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6