Alumni Undip Berikan Motivasi Mahasiswa Bidik Misi

Alumni Undip Berikan Motivasi Mahasiswa Bidik Misi

Category : Beranda , Berita , Events

Selasa, (9/4), sebanyak 250 mahasiswa Bidik Misi dan 55 mahasiswa penerima beasiswa alumni ikuti kegiatan “Alumni Mengajar” yang diselenggarakan oleh Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni di hall lantai 3 gedung FISIP Undip. Kegiatan Alumni Mengajar kali ini menghadirkan para alumni yang telah sukses dalam karir sebagai pengusaha.

“Ada tiga alumni yang diundang dalam acara ini yaitu M. Agung Baiquni, pengusaha muda, baru saja diwisuda Oktober 2016, alumni FISIP telah memiliki PT. BB ( Baiquni Brother ), lalu Witjaksono, S.Sos  alumni FISIP angkatan 2010 yang memiliki bisnis kapal dan alumni senior yaitu Hasan Toha Putra, SE., MBA lulusan Fakultas Ekonomi, mengelola yayasan badan wakaf Sultan Agung, memiliki percetakan dan usaha bidang properti” papar Ketua Panitia,Abdul Syakur dalam laporan singkat saat pembukaan acara.

Kegiatan Alumni Mengajar merupakan kegiatan yang telah diagendakan oleh Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni, dan akan dilaksanakan secara kontinyu dengan menghadirkan para alumni yang telah berhasil sesuai bidang dan karirnya. Mujid F. Amin selaku Direktur menyampaikan bahwa sejak Undip berstatus sebagai PTNBH Januari 2017, perlu peningkatan kerjasama antara alumni dengan pihak almamater. Kehadiran alumni di kampus diwadahi dengan kegiatan Alumni Mengajar untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa tentang dunia kerja di masa yang akan datang serta menguatkan hubungan dan jejaring alumni.

Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Budi Setiyono memberikan sambutan sekaligus membuka acara. “ Undip sekarang telah bermetamorfosis menjadi PTNBH, tentu saja dengan perubahan baru tersebut harus memaksa kita untuk melakukan reorientasi di segala bidang universitas,” tutur Budi Setiyono. Lebih lanjut Wakil Rektor II menjelaskan bahwa Undip harus mencetak lulusan yang berkualitas. Dengan bertransformasinya Undip dari BLU menjadi PTNBH, maka hubungan dengan para alumni harus selalu terjalin dengan diwadahi oleh Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni.

Materi Alumni Mengajar ini menarik perhatian para mahasiswa, terutama saat materi pengantar yang disampaikan oleh M Agung Baiquni. Pengalaman usahanya dimulai sejak masih belajar di bangku SMA, lalu dilanjutkan saat kuliah. Sehingga biaya selama kuliah di Undip hingga lulus dibiayai sendiri dari usahanya yang kini sudah memiliki 5 jenis usaha, diantaranya jasa sewa peralatan kuliah seperti LCD Projector. Cita-cita Baiquni adalah mendirikan Sekolah Bisnis dari Aceh hingga Papua.

Pembicara utama, Witjaksono alumni FISIP, sebagai pengusaha kapal dan seorang motivator tidak kalah serunya. Dia menyampaikan materi tentang Memulai dan Mengembangkan Wirausaha. Witjaksono yang menekuni bisnis kapal ini memiliki omzet milyaran dalam sebulan.Usaha dan kerja keras, kerja cerdasnya menjadi inspirasi bagi para mahasiswa bidik misi dan mahasiswa penerima beasiswa alumni.

Pembicara penutup yaitu Hasan Toha Putra, SE., MBA. menyampaikan materi tentang Menikmati kerja sebagai pengusaha/Wirausahawan. Terjun dalam bidang bisnis atau usaha tidak boleh ragu-ragu, tidak boleh setengah-setengah, namun harus sungguh-sungguh. Jangan takut rugi, karena dalam bisnis kadang ada kalanya rugi. Namun jika usaha terus dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil, baik itu berupa laba keuntungan, pertemanan (networking), pengalaman bisnis yang terus bertambah. Jangan takut berbisnis, karena akan selalu ada jalan bagi yang mau berusaha.

alumni-mengajar--


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6