MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar Lewat Wayang

MPR RI Sosialisasikan 4 Pilar Lewat Wayang

Category : Beranda , Berita , Events

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro bekerjasama dengan MPR RI menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI dengan pementasan seni budaya pergelaran wayang kulit semalam suntuk, di halaman FH Undip, Tembalang, Sabtu(13/5).
Empat pilar yang dimaksud adalah pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 45 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Pergelaran wayang kulit dengan dalang ki MPP Bayu Aji membawakan lakon “ Wahyu Sri Cemani” dengan bintang tamu gareng Ngesti Pandawa ini, juga dilaksanakan dalam rangka Lustrum FH Undip ke 12.

Dekan FH Undip Prof R Benny Riyanto mengatakan bahwa pada masa sekarang dimana kebhinekaan terancam, empat pilar MPR RI harus dimaknai secara utuh untuk mempertahankan NKRI. Selain itu, diharapkan melalui wayangan semalam suntuk, pesan- pesan melalui filosofi wayabg seperti pentingnya toleransi, persatuan bangsa, dan menghormati sesame warga bisa tersampaikan langsung.

“Kegiatan ini sangat bermakna dank arena selain sebagai bukti konkrit pelestarian budaya, juga bermanfaat menanamkan cinta tanah airserta memperkuat integritas bangsa” ujar Prof. Benny.

Sementara itu, Abdul Kadir karding yang mewakili Pimpinan MPR menjelaskan bahwa untuk mensosialisasikan empat pialr MPR RI salah satu metode yang efektif adalah melalui seni budaya pergelaran seni wayang kulit. Sosialisasi dilakukan dengan berbagai metode, seperti seminar, diskusi, dan lomba cerdas cermat. (Oktora Adi/HUMAS)


Statistik

 
NEWS
PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA KEPADA JAKSA AGUNG H.M. PRASETYO,GEDUNG PROF.H.SOEDARTO,SH UNDIP TEMBALANG