Menristekdikti  Dorong Undip Kembangkan Riset Unggulan

Menristekdikti  Dorong Undip Kembangkan Riset Unggulan

Category : Beranda , Berita

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mendorong Undip agar mengembangkan riset unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan industri dan kepentingan masayarakat luas Jumat,(26/5) di kampus Undip Tembalang.

Nasir mengatakan pada saat ini pemerintah mendorong agar setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki riset yang lebih fokus, dan pemerintah kini menyediakan dana yang cukup besar.

“Kami ingin melihat perguruan tinggi yang ada di Indonesia masing-masing punya kekuatan risetnya di bidang apa. Misalnya Undip punya Fakultas Ilmu Peternakan dan Ilmu Pertanian serta Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan maka apa yang bisa dikembangkan dari hasil riset di bidang itu supaya bisa dihilirisasikan.

Nasir berharap hasil riset tidak hanya berhenti sebatas publikasi, tetapi harus dapat menghasilkan inovasi dan diupayakan sampai pada tahap hilirisasi dan komersialisasi.

“Undip sebagai salah satu PTN-BH saya harapkan mampu menjadi leader dalam hal jumlah Publikasi Internasional dan Hak Paten para dosennya,” pungkasnya

Pada kesempatan yang sama Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama menyambut baik dan mengapresiasi atas arahan Menristekdikti Mohamad Nasir  pada perkembangan Undip sebagai PTN-BH karena sejatinya Undip pada saat ini sedang menggenjot publikasi internasional dan jumlah dosen yang memperolah paten untuk manaikan peringkat Undip baik di tingkat nasional maupun internasional dan Undip selalu akan mendukung penuh program-program dari Kemenristekdikti dalam mewujudkan rencana induk riset nasional,” ungkapnya.

Rektor berharap kedatangan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir ke Undip dapat memberikan angin segar untuk lebih memacu para ilmuwan Undip untuk lebih berkarya.


Statistik

NEWS
HASIL KLASTERISASI PERGURUAN TINGGI INDONESIA TAHUN 2017, UNDIP RANGKING 6