Mahasiswa Undip Ciptakan LOCKER Alat Monitor Pada Keypoint di PT.PLN (Persero) Berbasis Android

Mahasiswa Undip Ciptakan LOCKER Alat Monitor Pada Keypoint di PT.PLN (Persero) Berbasis Android

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Semarang – Empat mahasiswa Teknik Elektro Undip yang diketuai oleh Fikri Salahudin memperkenalkan inovasi baru yaitu Locker (Locator, Checking dan Monitoring) alat yang digunakan untuk memonitor tegangan, arus, suhu dan kelembaban serta ditambahi dengan fitur geotagging yang akan mempermudah menemukan lokasi panel RTU, pengecekan baterai dan alarm jika pintu panel terbuka. Semua fitur ini dapat diakses melalui android secara real time.

“Berdasarkan data Distribution control center (DCC) Yogyakarta, pada area distribusi Yogyakarta, Surakarta, Klaten dan Magelang periode April hingga Oktober 2016  terdapat 73 tiang listrik yang gagal untuk dikendalikan dan dimonitor oleh sistem SCADA. Inilah hal yang mendasari kami untuk membuat alat ini,” tutur Fikri di kampus Teknik Elektro Undip kemarin.

Dia didampingi dosen Sumardi S.T.,M.T dan mahasiswa lain yakni Ahmad Riyandi, Arisla Choiruddin Muzzaki dan Ahmad Imron. Mereka ini bagian dari personel yang ikut berkutat dalam pengerjaan alat yang dibuat ini. Sumardi menjelaskan inovasi ini juga telah lolos pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa – Teknologi (PKM-T) dengan PT.PLN (Persero) sebagai mitra yang diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti. Harapannya Locker ini dapat menekan jumlah tiang listrik yang gagal dikendalikan dan dimonitor oleh sistem SCADA PT.PLN (Persero).

Sistem Kerja

Dalam pengaplikasiannya alat ini menggunakan 2 pengkondisi sinyal dan 3 sensor, yaitu pengkonsidi sinyal tegangan AC, pengkondisi sinyal tegangan DC, sensor suhu, sensor arus dan sensor kelembaban.

Data yang keluar dari sensor diolah oleh modul Arduino nano lalu data yang telah diolah dikirimkan oleh modul GSM yang nantinya data akan dikirimkan melalui internet. Setelah data terkirim ke internet data akan disimpan pada database yang telah disediakan oleh hosting. Lalu data yang telah tersimpan pada database dapat ditampilkan melalui aplikasi yang ada di android.

Data yang dikirim melalui modul GSM ke internet diantaranya data tegangan AC, tegangan DC, arus, suhu dan kelembaban. Data ini diperlukan untuk memantau panel RTU agar dapat bekerja secara optimal.

Pada aplikasi android ditambahi dengan fitur geotagging yang akan mempermudah para teknisi untuk menemukan tiang listrik keypoint yang akan di lakukan pemeliharaan penggantian baterai. Fitur lain yang juga terdapat dalam aplikasi android yaitu alarm jika pintu panel terbuka, hal ini dicatat pada database yang sudah disediakan untuk memantau kapan terakhir kali panel dilakukan pemeliharaan. Selain itu, yang membuat Locker ini berbeda dengan alat yang lain adalah sistem ini dibuat secara real-time sehingga dapat dipantau melalui android dimana saja dan kapan saja tanpa perlu ke kantor untuk melihat data tersebut.

Desain

Gambar Prinsip Kerja Locker


Statistik