Mahasiswa Undip Kembangkan Aplikasi Money Scanner

Mahasiswa Undip Kembangkan Aplikasi Money Scanner

Mahasiswa undip kembangkan aplikasi alat bantu tuna netra sebagai alat bantu baca nominal mata uang untuk tuna netra.

Pengolahan citra merupakan salah satu penelitian yang terkini dalam ilmu komputer. Salah satu implementasinya adalah untuk identifikasi dan klasifikasi suatu objek yang termuat dalam suatu citra. Proses analisis ini dapat digunakan baik oleh operator manusia atau secara otomatis oleh komputer melalui teknik pengolahan citra tertentu. Sehingga, kombinasi teknologi pengolahan citra dan mobile computing merupakan hal yang dirasa cocok untuk dapat digunakan dalam membuat suatu aplikasi terbaru.

Oleh karena itu, melalui Program Kreativitas Mahasiswa, kelima mahasiswa Fisika, Universitas Diponegoro yaitu Yuyu Wahyudin (Fisika, 2013), Eva Yulianti (Fisika, 2013), Alviana Puri (Fisika, 2013), Wisnu Indrawan (Fisika, 2014) dan Aryani Devi P (Fisika, 2014) memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan mengembangkan suatu aplikasi yang ditujukan untuk penyandang Tuna Netra yakni Mas Jawa T – Netra.

Keterbatasan penyandang tuna netra dalam hal melihat menjadikan mereka sulit dalam melakukan identifikasi pada nilai nominal uang terutama pada uang kertas. Oleh sebab itu, kini Mas Jawa T-Netra hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut, untuk membantu penyandang Tuna – Netra dalam mendetekasi atau menentukan nilai intrinsik nominal mata uang rupiah. Dengan adanya, Mas Jawa T – Netra sebuah aplikasi scanner nilai mata uang berbasis android yang dirancang dengan metode neural network, Tuna Netra akan lebih cepat dalam mendeteksi nilai mata uang. Kelebih lain adalah Mas Jawa T- Netra dirancang dengan konsep yang sangat sederhana dan dapat mengeluarkan suara sehingga tentunya akan semakin membantu Tuna Netra.

Link google play : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.elins.masjawa

tim peneliti money scanner


Statistik