Civitas Akademika Dituntut Jaga Semangat Ramadhan

Civitas Akademika Dituntut Jaga Semangat Ramadhan

Category : Beranda , Berita , Events

Setelah satu bulan bulan ramadhan kita telah memperoleh kemenangan melawan hawa nafsu kita. momentum inilah yang harus dijaga  hingga ramadhan tahun depan, Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Diponegoro Prof Yos Johan Utama  dalam acara Halal bihalal keluarga besar Universitas Diponegoro (3/7) di gedung Prof.Soedarto,SH.Rektor menambahkan bahwa setelah meraih kemenangan maka Insya Allah akan terpancar ciri-ciri penghuni surga bagi orang-orang yang menjalani puasa yakni Wajhun Malihun, yaitu orang yang selalu tersenyum kepada semua orang dan menunjukkan tingkah laku yang ramah. Lisaanun Faashihun yakni orang yang selalu menjaga lisannya,  Qolbun Taqiyyun, Hati yang baik yang tergerak untuk selalu beribadah danmenghargai sesama dan Yadun Sakhiyyun yaitu rang yang dermawan. Hal ini berbeda dengan penduduk neraka yang punya 4 ciri yakni, lidah yang keji, hati keras membatu, tangan yang bakhil.

“Semoga kita selalu menjadi orang-orang yang beruntung, untung dunia, dan untung akhirat. Jadikanlah ramadhan dan syawal ini menjadi penghapusan dosa-dosa,” ujarnya.

“Alhamdulillah Undip sebagai institusi pendidikan sudah mengalami kemajuan-kemajuan seperti Publikasi internasional sudah meningkat pesat, Undip tahun ini nomor 3 terfavorit se-Indonesia melesat jauh dari tahun lalu yakni nomor 8. Kemudian PKM  rangking 2 nasional. Semangat idul fitri adalah semangat hijarh, untuk itu mari kita bekerja lebih keras lagi untuk melayani masyarakat sehingga menjadi universitas yang rahmatan lil ‘alamin,” imbuh Rektor.

Uztad KH Nawawi saat memberikan tausiah mengatakan bahwa Ibadah Puasa ramadhan hanya untuk Allah semata. Karena itu terdapat tiga nilai utama dalam berpuasa yakni Nilai Jujur, nilai jujur orang lain tidak tahu kita puasa atau tidak tahu hanya Allah dan dirinya yang tahu. Nilai Tertib dan disiplin, saat sahur,berbuka, sholat. Nilai peduli sosial dengan zakat mal dan zakat fitrah.

Riwayat dari Ibnu Abbas ra. mereka yg mendapatkan hidayah, pasca lebaran yaitu mereka yakni orang yang menjaga sholat lima waktu, bisa puasa bulan ramadhan, melaksanakan tahajud, melengkapi zakat, memberi kepada yang berhak memberi, menjaga silaturahmi, memaafkan mereka yg mendzolimi.


Statistik