Berdayakan Masyarakat Desa, Undip Terjunkan 2.886 Mahasiswa KKN

Berdayakan Masyarakat Desa, Undip Terjunkan 2.886 Mahasiswa KKN

Untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas masyarakat desa, Undip menerjunkan 2.886  mahasiswa KKN Undip Tim II Tahun Akademik 2016/2017 pada 8 wilayah Kabupaten yaitu kabupaten Jepara, Pati, Temanggung, Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang), pada 32 kecamatan (34 tim), dan tiap tim antara 10 – 12 desa yang dilepas oleh Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, Selasa (11/7) Di Lapangan Widya Puraya.

Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama dalam amanatnya saat melepas para mahasiswa KKN agar selalu menjaga diri dan nama baik Undip karena para mahasiswa KKN adalah duta Undip jika kalian berlaku baik maka nama Undip juga akan baik namun sebaliknya jika kalian berperilaku tidak baik maka nama Undip juga tidak baik,” ujarnya.

“Dalam KKN nanti kalian akan menghadapi laboratorium kehidupan yang sesungguhnya di dalam masyarakat, bagaimana cara menggerakan masyarakat, bagaimana mencari dana dan bagaimana membuat acara.

Rektor berharap setelah usai dari KKN nanti para mahasiswa diharapkan menjadi lebih dewasa dan menjadi “manusia seutuhnya” ungkapnya.

Kepala P2KKN, Dr.Ir. Edy Prasetyo MS mengatakan bahwa kegiatan KKN UNDIP Tim II TA 2016/2017 akan diselenggarakan selama 42 hari, terhitung sejak 11 Juli 2017  sampai dengan 21 Agustus 2017 dengan melibatkan Dosen KKN sebanyak 102 orang, dan Dosen Koordinator KKN sebanyak 8 orang.

“KKN Tim I ini esensinya tetap yaitu pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dengan imbangan program multidisiplin : monodisiplin adalah 2:2” katanya. “ yang artinya setiap Tim mahasiswa KKN dalam satu desa wajib mengerjakan 2 program multidisipliner dan masing-masing mahasiswa juga wajib membuat 2 program monodisipliner sesuai dengan kompetensi keilmuannya,” jelasnya.

“Program multidisipliner yang diwajibkan bagi tiap kelompok mahasiswa KKN pada setiap desa adalah Pendataan dan Analisis Situasi UMKM, sedangkan program multidisipliner alternatif lainnya antara lain adalah: (i) Pendampingan Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja pada 20 Desa (kerjasama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia atau BNP2TKI), dan (ii) Revolusi Mental pada 12 Desa (kerjasama dengan Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Kemenko PMK), serta (iii) Program-program pilihan lain yang relevan, seperti misalnya pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan.

“Di samping program multidisipliner dan monodisipliner, mahasiswa sebagai peserta KKN juga sangat dimungkinkan melaksanakan program-program yang bersifat sosial kemasyarakatan yang ragamnya tergantung dari situasi dan kondisi desa/kecamatan  masing-masing, apalagi saat pelaksanaan KKN Tim II ini bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 72″.

KKN Tim II Undip 2017_


Statistik