Mahasiswa Undip Dorong PKK Teluk Awur Berwirausaha

Mahasiswa Undip Dorong PKK Teluk Awur Berwirausaha

Potensi yang ada pada masyarakat pesisir Pantai Teluk Awur, Kota Jepara maka mahasiswa Undip yang diketuai oleh Nabila Yasminuljannah Rahmani (FKM/2014) dan beranggotakan Sri Wahyuningsih (FKM/2014), Syahilla Efriana (FKM/2014), Verlina Intan Wulandari (FKM/2014), Miftah Farhana (FKM/2015) menggagas program “Telur Masag (Teluk Awur Manfaatkan Sargassum sp) sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir Pantai dalam Mendukung Program Coastal Community Development di Desa Teluk Awur Kota Jepara”. Program ini dilakukan melalui sosialisasi tentang pemanfaatan rumput laut dan pelatihan untuk mengolah rumput laut sebagai produk olahan khas Jepara.

Desa Teluk Awur merupakan salah satu bagian dari Kecamatan Tahunan, Kota Jepara yang mayoritas penduduknya masih mengandalkan hasil alam sebagai sektor utama dalam memenuhi kebutuhan. Salah satu kekayaan alam yang terdapat di daerah ini adalah rumput laut. Sargassum sp (atau biasa disebut rumput laut coklat) yang mempunyai kelimpahan dan sebaran tinggi di wilayah lautnya. Eksistensi Sargassumsp sebagai alga yang bermanfaat bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Optimasi pemanfaatan rumput laut coklat seharusnya mampu dijadikan alternatif solusi dalam meningkatan perekonomian masyarakat pesisir Pantai Teluk Awur Jepara.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengolahan rumput laut coklat sebagai keripik Sargassum spdiikuti oleh 58 ibu PKK RT 03, di Desa Teluk Awur pada Hari Jumat, 26 Mei 2017 bertempat di kediaman ketua RT 03. Kegiatan ini disambut dengan penuh antusias oleh ibu PKK selaku sasaran program.Sosialisasi berisi materi tentang potensi, kandungan, cara pemanfaatan dan pemasaran produkSargassum sp yang disampaikan oleh anggota tim dengan metode komunikasi berupa metode ceramah Tanya jawab. Kemudian dilanjutkan pelatihan pengolahan Sargassum sp menjadi keripik yang bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada ibu PKK. Pelatihan dilakukan dengan metode praktik langsung. Anggota tim dan beberapa ibu PKK mempraktikan cara pengolahan dan pembuatan keripik Sargassum sp dengan dilihat ibu PKK yang lainnya. Kegiatan ini ditutup dengan memberikan modul tentang cara pembuatan produk dari Sargassum sp untuk memberikan pengetahuan pra-pelatihan yang nantinya akan menjadi panduan dalam melakukan kegiatan produksi. “Program ini sangat bermanfaat bagi saya selaku masyarakat Teluk Awur, saya kira ibu-ibu yang lain juga merasakan seperti itu. Saya jadi tahu kalau rumput laut jenis itu bisa diolah dan dijual. Ini bisa jadi lahan pendapatan bagi kami,” ungkap Bu Kolipah selaku ketua PKK RT 03 Desa Teluk Awur.

Rencana selanjutnya, tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian masyarakat ini, akan melakukan monitoring sekaligus pelatihan dalam pembuatankemasan dan strategi pemasaran produk khas olahan Sargassum sp.

 


Statistik