Undip Resmi Terima 11.630 Mahasiswa Baru

Undip Resmi Terima 11.630 Mahasiswa Baru

Universitas  Diponegoro pada tahun akademik 2017/2018 menerima secara resmi 11.630 mahasiswa baru, yang terdiri dari  Program Doktor 176 orang, Program Magister 1.093 orang , Program Spesialis 117 orang, Program Profesi 25 orang, Program Sarjana 7.990 orang, dan Program Diploma 8 orang diantara mahasiswa baru tersebut adalah mahasiswa warga negara asing dari berbagai negara, antara lain dari Madagaskar, Siera Leon, Palestina, Afrika. Mereka nantinya akan menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Diponegoro, yang saat ini mempunyai jumlah mahasiswa 48.018 mahasiswa. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof. M. Zainuri saat Rapat Senat Terbuka Upacara Penerimaan Mahasaiswa Baru Undip di Stadion Diponegoro kampus Undip Tembalang, Senin (5/8).

Prof. Zainuri menyampaikan bahwa Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, yang terakreditasi A atau unggul, dan masuk dalam empat besar Universitas yang paling diminati di Republik Indonesia. Mahasiswa baru yang dikukuhkan hari ini adalah mereka yang lolos dari penjaringan mahasiswa Undip melalui jalur penerimaan Seleksi Nasional MasukPerguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN); Seleksi Mandiri; Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB); Kemitraan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi, dan International Undergraduate Program (IUP). Selain itu Undip juga menerima mahasiswa program Diploma melalui jalur PSSB Diploma 3; Seleksi Mandiri Diploma 3; Seleksi Mandiri Diploma 4, dan Jalur kerjasama.Undip juga menerima mahasiswa sarjana program Afirmasi dari Papua, Papua Barat dan Daerah Terdepan, Terluar, danTertinggal (3T).

Sementara itu dalam amanatnya, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa kami tidak membatasi hak pendidikan setiap warga negara yang ingin masuk Undip. Menurutnya, siapapun boleh masuk Undip asalkan memenuhi kriteria dan lolos dalam penjaringan, termasuk masyarakat berkebutuhan khusus. “Saat ini Undip menerima 3 anggota masyarakat difabel sebagai mahasiswa baru kami. Mereka mampu dan lolos penjaringan masuk di Fakultas Ekonomika Bisnis dan Fakultas Teknik,” terang Mantan Dekan FH Undip ini.

Rektor menambahkan bahwa mahasiwa baru merupakan bagian dari keluarga besar Undip. Mereka bukan obyek tetapi subyek sehingga harus nyaman berada di kampus, merasa dihargai bahkan harus dibantu dan dibimbing para seniornya, bukan malah di bullying/diplonco.

“Kami akan memberikan sanksi tegas pada siapapun yang melakukan perploncoan pada mahasiswa baru, yakni diminta mengundurkan diri atau terkena Drop Out dari Undip,” tegasnya.


Statistik