Mahasiswa KKN Desa Pegundan Kabupaten Pemalang Sosialisasikan Komposter

Mahasiswa KKN Desa Pegundan Kabupaten Pemalang Sosialisasikan Komposter

“Karena sering melihat tumpukan sampah, kami mempunyai ide untuk membuat komposter bagi masyarakat tanpa biaya yang mahal” ungkap Gita mahasiswa KKN Desa Pegundan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, dalam acara Expo Pusere Jawa “Pesta Pemersatu Rakyat” KKN Tim II Universitas Diponegoro Kabupaten Pemalang di Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang (12/8).

“Kami telah mensosialisasikan komposter ini salah satunya di UMKM jahe merah, mereka sangat merespon positif karena sampah atau limbah dari jahe merah dapat dimanfaatkan lagi sebagai pupuk dan mudah sekali penggunaannya” ujarnya.

Komposter yang dibuat oleh mahasiswa KKN ini terbilang cukup murah dan mudah, dengan modal 75.000, -.  Bahannya diantaranya adalah tong bekas cat, pipa paralon, jaring kawat, cat dan keran. Biasanya harga komposer yang di jual di pasaran sekitar Rp. 300.000, -. Kegunaan komposter adalah untuk membuat kompos cair dari sampah organik.

Gita dan tim berharap warga desa lebih kreatif untuk mendaur ulang sampah dan  menjaga kebersihan lingkungan, misalnya tidak membuang sampah di bantaran kali serta menggunakan komposter sebagai tempat bagi sampah-sampah organik.

 


Statistik