Tim KKN Undip Kembangkan Potensi Desa Wisata Temanggung

Tim KKN Undip Kembangkan Potensi Desa Wisata Temanggung

Tim II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro mengembangkan potensi desa wisata di daerah Taman Gua Sigrowong, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Minggu(13/8). Hal tersebut merupakan serangkaian kegiatan dari program pengabdian kepada masyarakat yang disusun oleh Tim II KKN Undip yang tersebar di Kabupaten Temanggung.

Wakil Rektor IV Undip Prof. Ambariyanto mengucapkan terimakasih telah menerima dengan baik para mahasiswa KKN di Kab. Temanggung.

“KKN ini merupakan angkatan ke dua di tahun 2017 dan tersebar di 8 kota termasuk di Kab. Temanggung, harapannya para mahasiswa KKN Undip tidak hanya belajar saja tetapi dapat men-sharingkan ilmu-ilmu kepada para masyarakat di Kec. Kandangan dan sekitarnya” sambut Prof. Ambar.

Mahasiswa KKN yang berjumlah lebih dari 300 orang ini terdiri dari beberapa fakultas dan disebar di 4 kecamatan di Kabupaten Temanggung, antara lain Kecamatan Kandangan, Kecamatan Jumo, Kecamatan Gemawang, dan Kecamatan Kaloran, masing- masing kecamatan ada 80 mahasiswa.

mahasiswa KKN tim II memaparkan maket rencana pengembangan daerah wisata

Kurang lebih 3km dari kota kecamatan. Dibawah pengelola tangan-tangan trampil, kawasan ini sekarang cukup diminati oleh wisatawan lokal, terbukti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan disetiap harinya, padahal wisata goa sigrowong ini baru dibuka kurang lebih 3 bulan.Lokasi tempat ini cukup luas yaitu sekitar 2 hektare. Pengelola sempat menceritakan asal mulanya goa ini, dahulu kala pada masa perang dengan penjajah belanda, pejuang kemerdekaan sembunyi di gua sigrowong untuk melakukan gerilya terhadap penjajah.

KKN Undip mendukung sepenuhnya perkembangan daerah wisata taman gua sigrowong dengan cara meng-share destinasi wisata tersebut, melalui media sosial dan radio serta membentuk tim kreatif untuk merancang pembangunan sekitar taman gua sigrowong menjadi destinasi wisata yang lebih menarik lagi. Selain kegiatan tersebut diatas, mahasiswa KKN juga membantu pengembangan dan pemasaran produk- produk UMKM di Kab. Temanggung. (Oktora/HUMAS)

 

 


Statistik