Undip Raih Peringkat 6 Klasterisasi Perguruan Tinggi

Undip Raih Peringkat 6 Klasterisasi Perguruan Tinggi

Category : Beranda , Berita

Universitas Diponegoro meraih peringkat 6 Klaster perguruan tinggi non politeknik yang diumumkan oleh Menriktek-dikti usai perayaan HUT RI di lapangan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong, Menristekdikti Mohamad Nasir mengumumkan klasterisasi dan pemeringkatan perguruantinggi (PT) tahun 2017 kelompok nonpoliteknik dan politeknik.

Tujuan dari pemeringkatan ini adalah untuk membangun landasan klasifikasi dan pemeringkatan PT guna perbaikan terus menerus PT maupun untuk menilai tingkat kesehatan organisasi PT di Indonesia.Pada tahun 2017  dihasilkan 5 (lima) klaster PT di Indonesia, dengan komposisi: klaster 1 berjumlah 14 PT; klaster 2 berjumlah 78; klaster 3 berjumlah 691, klaster 4 berjumlah 1,989, dan klaster 5 berjumlah 290.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika Undip, Terlebih undip sebagai salah satu universitas yang diprogram sebagai world class university.

“Selain itu kinerja penelitian Undip nomor 3 se -Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Undip tetap berjalan sebagai universitas riset. Pencapaian ini bukan sebagai tujuan akhir. Undip berusaha mencapai setinggi tingginya dengan beberapa perbaikan, seperti peningkatan akreditasi institusi, peningkatan akreditasi prodi, menambah jumlah mahasiswa dan dosen internasional dan akreditasi Internasional. Saat ini ada 7 prodi di Undip yang terakreditasi Internasional, 3 dari FT, 3 dari FEB dan satu dari FKM. Kita berharap bisa ada 20 prodi yang terakreditasi Internasional” ujarnya.

“Undip sudah melaksanakan 6 kelas internasional untuk jenjang S1 dan menyelanggarakan beberapa program summer course dan short course yang diikuti oleh mahasiswa Internasional dan aktif mengikuti pameran-pameran pendidikan internasional”

“Undip senantiasa menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri agar Undip semakin dikenal di Dunia. International Recognition inilah menjadi salah satu penilaian dari pemeringkatan QS World University Ranking. Undip juga sedang mempersiapkan proses reakreditasi dari BAN-PT, kemarin Undip mendapat akreditasi A dengan nilai 361 kedepan kami berusaha agar dapat mencapai minimal diatas 380”

“Konstruksi Undip adalah Mandiri dalam pengelolaannya, Mumpuni artinya kualitas dari pendidikan dan Madani yakni kesejahteraan civitas akademika Undip. Undip juga sudah membebaskan biaya bagi dosen Undip yang ingin melanjutkan pendidikan doktoral di Undip sehingga nantinya akan menambah jumlah doktor yang ada di Undip” Imbuh Prof. Yos  (Rintu Kaloka/HUMAS)


Statistik