BANGUN JATI DIRI MABA, FKM UNDIP GELAR SEMINAR BERSAMA KEMENKES RI

BANGUN JATI DIRI MABA, FKM UNDIP GELAR SEMINAR BERSAMA KEMENKES RI

Category : Beranda , Berita

Sabtu, (19/8) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro mengadakan seminar bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Quality Hall FKM Undip. Kegiatan tersebut guna membangun karakter mahasiswa baru FKM menjadi mahasiswa yang memiliki jati diri dan mampu mengembangkan soft skill.

Seminar yang bertema “ Kontribusi Sinergis Membentuk Generasi FKM Berkarakter” tersebut dihadiri oleh Dirjen Kesehatan Kemenkes RI, Dekan FKM, Wakil Dekan FKM, BEM Undip, dan Ratusan Mahasiswa Baru  FKM Undip 2017.

Kegiatan program pengembangan diri maba merupakan kegiatan yang berkelanjutan dan diintregasikan pada desa mitra FKM Undip di kawasan Puskesmas Rowosari dengan tujuan pemetan ibu hamil berstatus risiko tinggi untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Dekan  FKM Undip Hanifa Maher Denny, SKM.,MPH.,PhD menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diimplementasikan selama 1 tahun, dengan harapan maba memiliki karakter seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat yang punya tanggung jawab yang tinggi, punya rasa kepedulian sosial, serta pola pikir ilmiah yang kritis dan kreatif terhadap masalah kesehatan yang harus dipecahkan di masyarakat berdasarkan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Negara kuat bila penduduk sehat, pendidikan merupakan aset untuk meningkatkan ketahanan bangsa,” tutur Hanifa.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Anung Sugihantono dalam paparannya menjelaskan bahwa peran mahasiswa dan perguruan tinggi di kawasan desa mitra antara lain pendidikan dan pelatihan dasar pertolongan pertama, pelatihan PKM, pelatihan karya tulis ilmiah, dan pendampingan ibu hamil.

“Program pengembangan ini nantinya akan berkelanjutan dan diintegrasikan pada program desa mitra FKM Undip supaya mahasiswa baru memiliki kemampuan yang berkompeten di bidang kesehatan masyarakat,” jelas Anung. (Oktora/HUMAS)


Statistik