UNDIP PAMERKAN HASIL RISET DAN INOVASI DOSEN KE RITECH EXPO 2017 DI MAKASSAR

UNDIP PAMERKAN HASIL RISET DAN INOVASI DOSEN KE RITECH EXPO 2017 DI MAKASSAR

Dalam menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-22 Kemenristekdikti mengadakan RITECH EXPO 2017 pada tanggal 10-13 Agustus 2017 di Gedung dan Area Parkir Wisma Negara – Center Point of Indonesia, Makassar dengan tema “ Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan”. Universitas Diponegoro tidak tanggung – tanggung mengikuti acara tersebut dengan menghadirkan karya inovasi dari  dosen UNDIP diantaranya dari Dr. Suryono, M.Si dosen Fisika (FSM) yang menggabungkan konsep fisika dan ilmu kebidanan dari Politeknik Kesehatan Semarang (Dr. Melyana Nurul W, M.Kes, dan Tecky Afifah SA., M.Tr.Keb) yang berhasil menciptakan sebuah alat untuk mendeteksi kontraksi rahim yang diilhami dari Angka Kematian Ibu (AKI) pada saat melahirkan di Indonesia yang masih cukup tinggi. Menurut penjelasan Tecky Afifah SA., M.Tr.Keb. bahwa “kontraksi rahim sangat berpengaruh terhadap keputusan apakah seorang ibu akan melahirkan normal atau tidak. Sayangnya, bidan yang umumnya mendeteksi hal tersebut dengan menggunakan tangan kadangkala terlambat mengambil keputusan,”

Dr. Suryono, M.Si juga menambahkan bahwa selama ini tidak banyak yang mengetahui tekanan kontraksi  rahim bisa dihitung secara kuantitatif. Sehingga tercetuslah ide untuk menciptakan alat ukur dan monitoring kontraksi otot rahim guna membantu para ibu dan bidan untuk bisa mengurangi resiko kematian akibat persalinan.

Selain menampilkan alat pendeteksi kontraksi rahim karya dosen FSM , Undip juga menampilkan karya inovasi dari sekolah Vokasi yaitu berupa Kapal Protobat11 dan 12.

Kapal Protobat12merupakan kapal wisata cepat yang di desain dengan menggunakan lambung V hull agar memiliki kecepatan yang tinggi. Kapal ini digunakan untuk mengantarkan turis kedaerah-daerah pulau terpencil dan bisa digunakan untuk race endurance. Desain kapal berbentuk Vhull ini akan membuat kapal berjalan lebih cepat dan hemat energi, serta pada bagian bilga belakang kapal diberi sedikit penambahan (knuckle) untuk menghindari terjadinya deck wetness.

Sedangkan PROTOBOAT 11merupakan kapal perang cepatsiluman yang di desain dengan menggunakanlambung V hull agar memiliki kecepatan dankeseimbangan yang bagus. Kapal ini digunakanuntuk patroli laut di perbatasan dan digunakanuntuk menyusup ke daerah perairan musuh. Desainkapal berbentuk V hull ini akan membuat kapalberjalan lebih cepat dan hemat energi, serta padabagian bilga belakang kapal diberi sedikit penambahan (knuckle) untuk menghindariterjadinya deck wetness.

Tidak hanya itu, UNDIP Juga memamerkan hasil inovasi dari drh. Dian Wahyu Harjanti, PhD dosen Fakultas Peternakan dan Pertanian yang berupa antiseptik herbal yang telah teruji efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan negatif, serta menurunkan tingkat peradangan pada ambing. Hasil inovasi ini diberi nama AGERA- Mastic.


Statistik