Perkuat Hubungan dengan Alumni, Undip Rancang Direktori dan Mapping Alumni

Perkuat Hubungan dengan Alumni, Undip Rancang Direktori dan Mapping Alumni

Category : Beranda , Berita

Universitas Diponegoro menggelar workshop dengan tema “ Penyusunan Direktori Dan Mapping Alumni” guna meningkatkan jejaring dan pemberdayaan dengan alumni, Jum’at (25/8) di Hotel Grand Wahid Salatiga.

Dalam laporannya Wakil Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni Dr. Abdul Syakur menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 50 peserta diantaranya Wakil Dekan III, Kasubbag Kemahasiswaan, dan Staf di tingkat universitas dan fakultas  Undip. Dalam acara tersebut terdapat beberapa pembicara dari luar Undip antara lain Drs. Bambang Dwi dari Sekjen IKA UNS, Dr. Sulistyowati, S.S., M.Hum dari Direktur Kemitraan Alumni UGM.

Abdul Syakur menambahkan bahwa workshop tersebut berorientasi pada pengelolaan alumni baik didalam maupun diluar universitas serta pemberdayaan hubungan alumni untuk kemajuan seluruh civitas akademika.

Direktur Komunikasi Dan Hubungan Alumni Drs. Mujid F Amin, M.Pd dalam sambutanya mengatakan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah hadir.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud Undip sebagai perguruan tinggi badan hukum, Undip harus bekerja sama dengan alumni agar dapat berperan aktif untuk bergabung ke dalam suatu wadah yaitu ikatan alumni yang dikelola secara intens,” ujar Mujid.

Sejalan dengan hal tersebut, Mujid dalam paparan materi mengatakan bahwa fungsi dari direktorat komunikasi dan hubungan alumni adalah pelaksanaan penelusuran alumni dan pelaksanaan tugas strategis alumni.

Beberapa program prioritas dari direktorat tersebut antara lain peningkatan kualitas database alumni yang mencakup pembuatan tracer study, beasiswa alumni, alumni mengajar, workshop, gathering, dan peningkatan jejaring serta pemberdayaan alumni.

“Adapun tantangan yang dihadapi dalam rangka revitalitasi komunikasi dan hubungan alumni antara lain perlunya meningkatkan jejaring alumni yang kuat sehingga antar alumni saling menguatkan serta para lulusan baru (fresh graduate) perlu memperoleh pembekalan dan penyaluran bidang kerja sesuai kompetensi” tutur Mujid.

Mujid juga berharap adanya sinergi antara fakultas dengan universitas untuk mengumpulkan dan mengajak para alumni untuk berperan aktif dalam setiap program kerja direktorat komunikasi dan hubungan alumni Undip.

Dra. Herniwati Retno Handayani, MS dalam pemaparan materi “ Mapping Alumni” mengatakan bahwa diperlukan adanya penelusuran dan pengumpulan data informasi alumni di seluruh instansi negara maupun swasta yang valid agar para alumni dapat men- share kan pengalamannya kepada almamater. Menurut Herniwati, pengumpulan data informasi alumni lebih mengarah pada pendekatan pribadi dengan sistem take and give.

Menurut Direktur Kemitraan Alumni UGM Dr. Sulistyowati, SS.,M.hum mengatakan bahwa dalam menyususn direktori dan mapping alumni perlu memperhatikan beberapa aspek antara lain struktur organisasi alumni, database alumni, sinergitas program kerja alumni, reward dan bakti alumni, serta sekretariat bersama.

“ Beberapa kegiatan terintegrasi perlu dilakukan universitas guna memperkokoh hubungan jaringan alumni di seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri,” jelas Sulistyowati. (Oktora/Humas)

­­


Statistik