KKN PPM Tematik UMKM Kerajinan Kuningan Gelar Expo

KKN PPM Tematik UMKM Kerajinan Kuningan Gelar Expo

Setelah menjalani program KKN PPM selama tiga minggu, Tim KKN PPM Tematik UMKM Kuningan Universitas Diponegoro memamerkan hasil karya mereka di sebuah acara yang disaksikan oleh berbagai khalayak umum. Kegiatan ini diberi nama “JBI Expo” yang merupakan singkatan dari Juwana Brass Industry Expo (26/8) di Balai Kecamatan Juwana. Acara ini difasilitasi oleh Kecamatan Juwana, dengan dihadiri oleh BAPPEDA, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Pati, Puskesmas Juwana, Kepala Desa, Pemilik UKM dan Karyawannya.

Kecamatan Juwana yang terletak di Kabupaten Pati merupakan salah satu desa yang dijadikan tempat melaksanakan kegiatan KKN PPM oleh tim Universitas Diponegoro Mahasiswa Lintas fakultas. KKN PPM ini dibimbing oleh  Yudhy Dharmawan, SKM, M. Kes yang merupakan dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

“Pemerintah melalui KEMRISTEKDIKTI  menyadari akan pentingnya pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. Hal inilah yang mendasari adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) bagi mahasiswa pada beberapa universitas di Indonesia. KKN PPM ini merupakan sebagai metode pemberian pengalaman pembelajaran dan bekerja kepada mahasiswa. Mahasiswa dituntut untuk terjun langsung kemasyarakat, membaur dengan masyarakat, hidup bersama masyarakat serta membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat” Ujar Yudhy.

“Pelaksanaanya dilakukan di tiga desa yaitu Desa Karang Rejo, Desa Tluwah dan Desa Beringin sebanyak 32 Mahasiswa dari 5 Fakultas di UNDIP, yakni Fakultas Teknik ( FT) , Fakultas Kesehatan Masyarakat ( FKM), Fakultas Ekonomi & Bisnis ( FEB ), Fakultas Ilmu Sosial & Politik ( FISIP), dan Fakultas Ilmu Budaya ( FIB ). Program pengabdian yang dilakukan fokus pada UMKM Kuningan yang berada di 3 desa tersebut. Tema KKN Tematik ini adalah “Peningkatan Kesehatan Kerja & Lingkungan Masyarakat Pengrajin Kuningan Berbasis Teknologi Bersih Ramah Lingkungan “. KKN PPM Tematik ini dilakukan mulai tanggal 5 Agustus 2017 – 5 September 2017. KKN PPM Tematik ini dilakukan dibawah LPPM UNDIP dengan mendapat pendanaan dari KEMRISTEKDIKTI” tandas dosen FKM ini.

Acara dimulai dengan Persemian Pos-UKK yang merupakan salah satu program multi ,serta ikon utama dalam Expo dan juga kegiatan KKN ini. Pos Unit Kesehatan Kerja (UKK) tersebut diresmikan oleh Bapak Sutriono selaku Kepala Desa Karangrejo Kecamatan Juwana di UMKM Saestu Makaryo di Desa Karang Rejo. POS UKK ini merupakan pos pelayanan terkait kesehatan dan keselamatan kerja bagi pekerja UMKM Saestu Makaryo. Keberadaan POS UKK ini diharapkan dapat meningkatkan Promosi Kesehatan dan keselamatan kerja karyawan di UMKM Saestu Makaryo, pada khususnya dan masyarakat Desa Karangrejo pada umumnya.  Pemilik UKM Saestu Makaryo, Bapak Mugiono, sangat mendukung pendirian POS UKK tersebut, dengan mendirikan bangunan yang dijadikan ruang POS UKK tersebut. Pos UKK dilengkapi dengan peralatan kantor, Kotak P3K, Kotak APD, Poster K3, dan Buku Pencatatan POS UKK. Pos UKK ini diinisiasi dengan kerjasama oleh Puskesmas Juwana, dibantu oleh Petugas Kesehatan Keselamatan Kerja Puskesmas Juwana , Bapak Priyatno.

Suasana Pemotongan Pita, peresmian Pos UKK oleh Kades Karangrejo, disaksikan oleh Dosen Pembimbing KKN, Yudhy Dharmawan, SKM, M.Kes dan Pemilik UKM Saestu Makaryo, Mugiono

Kemudian rangakaian acara dilanjutkan dengan Sosialisasi pengolahan limbah secara elektrokoagulasi,  teknologi bersih elektroplating serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pemaparan materi elektrokoagulasi dipaparkan langsung oleh Dosen Teknik Kimia Universitas Diponegoro yaitu Aji Prasetyaningrum, ST, Msi. Beliau juga merupakan pembimbing KKN PPM Tematik UMKM Kuningan di Kecamatan Juwana. Adanya sosialisai tentang elektrokoagulasi diharapkan masyarakat pekerja UMKM Kuningan dapat memahami salah satu cara teknologi terbaru yang dapat mengolah limbah electroplating agar tidak berbahaya apabila dibuang ke lingkungan. Sosialisai kedua dilanjutkan dengan sosialisasi tentang teknologi bersih electroplating. Materi ini disampaikan oleh Luqman Buchori, ST. MT yang juga merupakan dosen Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Electroplating merupakan salah satu tahapan akhir dalam proses pembuatan kuningan yang bertujuan memberikan tampilan yang lebih baik pada tahap akhir pembuatan kuningan agar layak dipasarkan. Materi ini juga sangat penting untuk para pekerja agar para pekerja mengetahui tahapan yang baik dan benar mengenai teknologi electroplating.

Salah satu yang sering menjadi permasalahan di setiap UMKM ketiga desa tersebut adalah kecelakaan kerja. Hal ini lah yang mendorong mahasiswa tim KKN PPM Tematik Undip mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di UMKM Kuningan. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Yuliani Setyaningsih, SKM, M.Kes yang merupakan dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Selanjutnya setelah Sosialisasi peserta diarahkan untuk  mengunjungi Expo yang akan menampilkan produk-produk yang diproduksi oleh UKM yang telah bekerja sama dengan Tim KKN Undip Kecamatan Juwana yakni, UKM Saestu Makaryo, Sinar Padi dan Sunar Logam. Expo tersebut juga akan menampilkan Karya-karya mahasiswa KKN Undip yang telah menjalankan Program mereka, berkolaborasi dengan UKM yang menjadi mitra KKN Tematik ini. Diantaranya, ialah Pos-UKK, pengolahan limbah secara elekrokoagulasi, Teknik Elektroplatting, disertai dengan pameran produk UKM Kuningan.

Suasana Expo KKN PPM Tematik UMKM Kerajinan Kuningan

Acara ini melibatkan seluruh Tim KKN PPM Tematik Undip Kecamatan dan juga mengundang seluruh jajaran Dosen-dosen Undip serta Pejabat-pejabat berwenang untuk turut menyaksikan Karya-karya dari mahasiswa-mahasiwa Tim KKN PPM Tematik Undip Kecamatan Juwana. Adanya expo UKM ini dinilai diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan berbagai potensi dari Industri Kuningan Kecamatan Juwana Kepada para pemangku kepentingan yang diundang.


Statistik