​Peringkat PIMNAS UNDIP Naik 3 Tingkat

​Peringkat PIMNAS UNDIP Naik 3 Tingkat

Category : Beranda , Berita , Prestasi

Pada penyelenggaraan PIMNAS ke 30 di Makassar, Peringkat Undip mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni dari peringkat 9 tahun lalu kini menduduki peringkat 6 Nasional. Hal ini dikemukakan oleh pimpinan delegasi Dr.Eng. Agus Setyawan dalam acara tasyakuran peserta PIMNAS Undip di Hotel Grand Candi Senin (29/8) malam. Dalam acara tersebut Undip memberikan dana pembinaan bagi mahasiswa  yang meraih medali.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya membangun citra keberhasilan  pendidikan tinggi dalam melahirkan karya-karya ilmiah dan inovatif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peran mahasiswa dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan rakyat.
Pada tahun 2017 ini, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti menerima 77.678 proposal PKM 5 bidang (Penelitian Eksakta dan Sosio Humaniora, Karsa Cipta, Penerapan Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kewirausahaan) dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Universitas Diponegoro meloloskan 190 (seratus sembilan puluh)  tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) disetujui untuk mendapatkan dana hibah pembiayaan pelaksanaan. Setelah melaksanakan program selama hampir empat bulan, 190 tim PKM tersebut menjalani Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti, sekaligus seleksi keikutsertaan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Melalui seleksi yang sangat ketat, Universitas Diponegoro meloloskan 19 (sembilan belas) tim PKM ke PIMNAS,  dengan rincian sebanyak 7 PKM Penelitian Eksakta, 2 PKM Sosio Humaniora, 2 PKM Karsa Cipta, 4  PKM Pengabdian Masyarakat dan 4 PKM Kewirausahaan.

PIMNAS tahun ini diikuti 420 tim PKM (sebanyak 1.838 orang mahasiswa) dari 89 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta seluruh Indonesia. Pada event ilmiah mahasiswa tingkat nasional terbesar dan paling bergengsi ini, tim PKM Universitas Diponegoro dipimpin ole Dr. Eng. Agus Setyawan (Wakil Direktur Karier, Penalaran dan Kesejahteraan) dan Drs. Wahyu Hidayat M.Si (Wakil Direktur Kemahasiswaan) menampilkan karya-karya kreatif inovatifnya yang sangat berkualitas. Di Makassar, tanah tempat peristirahatan terakhir Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro, Diponegoro-Diponegoro muda membuktikan keunggulan karya-karya ilmiahnya dengan meraih 3 emas, 4 perak, 1 perunggu dan 1 penghargaan favorit. Diantara para peraih medali tersebut, 3 emas diraih tim-tim :

Tim PKM Penelitian Eksakta : ‘ADA-KAMI “Adsorben Abu Sekam Padi” Pemanfaatan abu sekam padi hasil samping pembakaran industri batu bata sebagai sumber silika dalam pembuatan zeolit sintetis sebagai adsorben hidrofobik dalam produksi fuel grade ethanol’, meraih emas.

Tim PKM Penelitian Eksakta : ‘Optimasi Proses Hydro cracking Dalam Pembuatan Biokerosin Menggunakan Katalis Nimo/Al2O3 Dengan Memanfaatkan Minyak Kotor (MIKO): Solusi Bahan Bakar Penerbangan Berbasis Bio massa’, meraih emas.

Tim PKM Penelitian Eksakta : ‘Pellet MOSS: Kombinasi Bakteri Methylobacterium spp. dengan Lemna minor L. sebagai Bio-organomineral untuk Meningkatkan Produktivitas Cabai (Capsicum annum L.)’, meraih emas.

” Dengan prestasi raihan medali tersebut, tim PKM Universitas Diponegoro berada pada peringkat ke – 6 nasional dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 30 tahun 2017. Peringkat ini merupakan perbaikan signifikan dari tahun sebelumnya, meningkat sebesar 3 peringkat dibanding PIMNAS tahun 2016 yang lalu. Prestasi ini tentu sangat mendukung kinerja Universitas Diponegoro sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), yang salah satu indikatornya adalah Prestasi Mahasiswa dalam Kegiatan Berskala Nasional dan Internasional” ujar Agus.

“Semoga dengan prestasi mahasiswa yang luar biasa dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 30 Tahun 2017 ini dapat menginspirasi seluruh civitas academica semakin meningkatkan prestasi dalam berbagai bidang, untuk UNDIP yang senantiasa ‘lebih baik’” Tandas Wakil Direktur Karier, Penalaran dan Kesejahteraan Undip ini.
Rektor Universitas Diponegoro Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa rangking yang diperoleh sebenarnya hanya pengakuan saja namun yang paling inti adalah perbaikan kualitas hingga hendaknya kita tidak cepat puas dan berbangga diri.
“Undip sangat berterimakasih kepada mahasiswa peserta PIMNAS karena telah mengharumkan nama Undip, Ketika yang lain tertidur, anda tetap berjalan. Itulah patriot sejati” imbuhnya.
(Kontributor: AS/ed.RK)


Statistik