Sinergikan Hukum dengan Al Qur’an, Dr. Eko Soponyono Raih Gelar Profesor

Sinergikan Hukum dengan Al Qur’an, Dr. Eko Soponyono Raih Gelar Profesor

Category : Beranda , Berita , Events

SEMARANG (9/9) Undip mengukuhkan dua guru besar baru dari fakultas hukum dan fakultas perikanan dan ilmu kelautan bertempat di gedung Pascasarjana lt 6 Undip Pleburan. Kedua guru besar tersebut menambah jumlah daftar guru besar yang ada di undip saat ini yakni 108 guru besar aktif dan 4 guru besar tidak tetap. Salah satu guru besar yang dikukuhkan pada hari ini Sabtu, 09 September 2017 adalah Prof. Dr. Eko Soponyono, S.H. M.H. dari Fakultas Hukum.

Mengangkat judul pidato Hikmah Al Qur’an dalam Pembaharuan Hukum Pidana Demi Mewujudkan Keadilan Religius, Eko Soponyono yang telah menyandang gelar profesor ini mensinergikan nilai-nilai dalam kitabullah, Hadist dan cerminan akhlak Rasul dalam penerapan hukum di Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa hukum yang berada di Indonesia tercermin dalam nilai-nilai sila pertama. Sila pertama dalam pancasila kemudian diturunkan dari nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an.

“Sekalipun bidang Agama dan Ilmu Pengetahuan masing-masing mempunyai ciri sendiri-sendiri, namun ada hubungan timbal balik dan ketergantungan yang sangat kuat antara Ilmu dan Agama, dengan demikian tidak ada konflik antara ilmu Pengetahuan dan Agama,”ujar Eko.

Menurutnya sangat penting hukum pidana di Indonesia diwujudkan dalam keadilan yang religius. Perwujudan ini selain mengacu kepada nilai hukum juga menyelaraskan dengan nilai agama.

“Tiap ilmu pengetahuan yang tidak dibarengi dengan ilmu KeTuhanan adalah tidak lengkap dan bahwa Ilmu Hukum yang lengkap di Indonesia seharusnya Ilmu Hukum Berketuhanan. Dengan demikian terjadi pemikiran integratif antara “Ilmu Pengetahuan dengan Agama.” Lanjutnya.

Karya Prof. Eko juga memaparkan bahwa orang yang mengambil harta orang lain maupun berkorupsi harus meminta maaf kepada korban selain adanya penggantian ganti rugi riil maupun materiil. Al-Qur’an  wisdom value dapat diterapkan bagi keadilan hukum di Indonesia guna peningkatan kualitas hukum. Bagi Prof. Eko apa yang beliau capai sampai sekarang ini berkat dukungan dari keluarga maupun guru tingkat, rekan sejawat, kemenristekdikti beserta seluruh mahasiswa maupun civitas akademika Universitas Diponegoro. (Lusi/Kontributor)


Statistik