Tahapan Seleksi CPNS Tahun 2017 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Tahapan Seleksi CPNS Tahun 2017 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Category : Beranda , Berita

Tahap 1. Pendaftaran di Portal SSCN

  1. Untuk melakukan pendaftaran CPNS online di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, pelamar harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk
    mendapatkan username dan password serta konfirmasi melalui alamat surel (e-mail) pada Portal Nasional CPNS 2017 di alamat https://sscn.bkn.go.id.
  2. Pastikan instansi yang dipilih adalah di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
  3. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 11 September 2017 dan ditutup tanggal 25 September 2017.

Tahap 2. Pendaftaran di website CPNS Kemristekdikti

  1. Pelamar melakukan login dengan username dan password yang diperoleh pada tahap 1 untuk melanjutkan pendaftaran di laman http://cpns.ristekdikti.go.id untuk memperoleh Formulir Registrasi CPNS Online dengan melengkapi seluruh data yang dibutuhkan.
  2. Pendaftaran di laman CPNS Kemristekdikti dapat dilakukan mulai tanggal 11 September 2017 sampai dengan 25 September 2017.
  3. Setelah menyelesaikan pengisian data yang dibutuhkan, pelamar mencetak Formulir Registrasi CPNS

Tahap 3. Pengiriman Berkas Lamaran

Pelamar menyampaikan berkas lamaran dengan melampirkan :

  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000,- yang ditujukan kepada Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi c.q. Sekretaris Jenderal.
  2. Pas Photo ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang warna merah (ditulis nama dan formasi di belakang).
  3. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
  4. Asli hasil cetakan (print-out) bukti registrasi pendaftaran onlineyang telah ditandatangani pelamar.
  5. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  6. Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah yang dikeluarkan oleh Kemristekdikti atau Pejabat yang berwenang pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (khusus bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri).
  7. Surat akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari Kelurahan atau Desa. (Khusus Pelamar Putra Putri Papua dan Papua Barat yang tidak menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas di wilayah Papua dan/atau Papua Barat)Untuk pelamar yang menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas di wilayah Papua dan/atau Papua Barat harus melampirkan Ijazah Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas.

Catatan:

Surat keterangan lulus/ijazah sementara tidak dapat digunakan untuk Melamar

Berkas lamaran sebagaimana dimaksud pada angka 1, dimasukkan dalam map dengan warna pembeda:

  1. warna kuning untuk pelamar D3.
  2. warna hijau untuk pelamar DIV dan S1.
  3. warna merah untuk pelamar S2
  4. warna biru untuk pelamar S3
  5. Pengiriman berkas lamaran:
    • Dosen dan Instruktur Ahli Pertama, berkas lamaran disampaikan ke Pimpinan PTN yang dituju.
    • Widyaiswara, berkas lamaran disampaikan ke Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan.
    • Auditor, berkas lamaran disampaikan ke Inspektur Jenderal.
  6. Berkas lamaran hanya dapat dikirim melalui PO BOXunit kerja yang dilamar paling lambat tanggal 25September 2017 Cap Pos, dan selambat-lambatnya diterima pada tanggal 28 September 2017. Pengiriman tanpa melalui PO BOX tidak akan dilayani. Alamat PO BOX masing-masing unit kerja dapat dilihat disini

Tahap 4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

  1. Pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi apabila memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan.
  2. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi diumumkan pada tanggal 30 September 2017di laman http://cpns.ristekdikti.go.id
  3. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar

Tahap 5. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  1. Pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi harus melakukan loginkembali ke http://cpns.ristekdikti.go.id dengan menggunakan username dan password yang sama dengan tahap sebelumnya untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi Kompetensi Dasar.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) di lokasi sesuai wilayah yang dipilih pelamar pada saat melakukan pendaftaran online.
  3. Peserta harus membawa cetakan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk asli.
  4. Peserta harus hadir 30 menitsebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dimulai dan mengisi daftar hadir.
  5. Peserta wajib mematuhi tata tertib yang berlaku pada saat mengikuti pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) yaitu:
    1. Peserta ujian adalah peserta yang terdaftar namanya pada Tempat Ujian Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan;
    2. Datang 30 menit sebelum waktu pelaksanaan SKD dimulai;
    3. Peserta yang terlambat tidak diperkenankan mengikuti ujian dan dinyatakan gugur;
    4. Menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk Asli kepada Pegawas Ujian;
    5. Menandatangani Daftar Hadir;
    6. Masuk dan duduk pada kursi yang telah ditentukan panitia;
    7. Meletakkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk di atas meja;
    8. Mendengarkan secara seksama pengarahan pengawas dan administrator ujian;
    9. Mengikuti Latihan;
    10. Mengikuti dan menyelesaikan ujian;
    11. Selama proses ujian berlangsung peserta tidak diperkenankan:
  • mengaktifkan telepon genggam/hand phone;
  • membawa kalkulator atau alat sejenisnya dan buku/catatan/contekan;
  • berbicara/berkomunikasi dengan peserta lain;
  • Meninggalkan ruangan ujian setelah selesai ujian.

Tahap 6. Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  1. Pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diumumkan di laman http://cpns.ristekdikti.go.id.
  2. Pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang.

Tahap 7. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Informasi jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dapat dilihat pada laman masing-masing unit kerja.

Tahap 8. Pengumuman hasil akhir seleksi CPNS Tahun 2017

Kelulusan dapat dilihat pada http://cpns.ristekdikti.go.id. dan http://ristekdikti.go.id

Sumber: http://cpns.ristekdikti.go.id/pengumuman/infografis-alur-seleksi-penerimaan-cpns-kementerian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi/index.html


Statistik