UNDIP DIDAULAT TUAN RUMAH LOKAKARYA UI GREEN METRIC 2017

UNDIP DIDAULAT TUAN RUMAH LOKAKARYA UI GREEN METRIC 2017

Sehubungan dengan sudah berjalanya pemeringkatan universitas sedunia dibidang Green Campus dan berkelanjutan yang dilakukan Universitas Indonesia sejak tahun 2010, Universitas Diponegoro didaulat menjadi tuan rumah acara UI Green Metric World University Rankings 2017 serta The 4th International Workshop on UI Green Metric World University Rankings 2018, Kamis, (14/9), di Gedung ICT Undip Tembalang.

UI Green Metric World University Rankings merupakan pemeringkatan universitas di seluruh dunia berdasarkan dengan enam indikator antara lain; pengelolaan infrastruktur; energy; pengelolaan air; pengolahan limbah; transportasi; dan edukasi.

Pada tahun ini tema utamnya adalah “ Global Partnerships for a Sustainable Future” dimana kuesionernya lebih memperhatikan upaya dan program untuk meningkatkan keberlanjutan di kampus dalam semangat kemitraan global untuk masa depan yang berkelanjutan.

Secara umum acara ini merupakan langkah strategis untuk mempromosikan keberlanjutan institusi pendidikan tinggi secara global, menjadi media untuk berbagi pengalaman, mengukur kebijakan dan rencana aksi terkait keberlanjutan serta membandingkan dengan institusi lain.

Dalam sambutannya Wakil Rekor Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc merasa senang dan bangga atas kepercayaan kepada Undip menjadi tuan rumah lokakarya green metric.

“ berkaitan dengan lingkungannya, Undip kedepan berencana menjadi destinasi wisata pendidikan yang menarik untuk dikunjungi umum” tambah Prof. Ambar.

Prof. Ambar menjelaskan bahwa Undip mendukung sepenuhnya dan menilai penting kegiatan pemeringkatan universitas sedunia dibidang Green Campus dan berkelanjutan tersebut.

Laporan Ketua Panitia Lokakarya UI Green Metric Agus setiawan mengatakan bahwa tahun ini Undip mendapat kepercayaan dari UI untuk menjadi tuan rumah green metric dengan jumlah peserta 38 universitas di seluruh Indonesia.

“ Tujuan utama dari Green Metric ini bukan hanya perangkingan saja, tetapi kesadaran bersama untuk meningkatan bagaimana lingkungan institusi kita menjadi lebih baik dari 6 indikator yang telah ada” tutur agus.

Agus menambahkan bahwa dari 6 indikator yang telah ditetapkan, Undip mengundang 6 pembicara yaitu dari Prof. Dr. Fathur Rokhman dari Unnes; Prof. Dr. Ir. Ambariyanto dari Undip; Prof. Dra. Fatma Lestari dari UI; Dr. Qomaruddin dari ITB; Dr. Dra. Agnes Tuti dari ITS; Dr. Ir. Erizal dari IPB. (Utami-Oktora/Humas)


Statistik