Pelatihan Pemanfaatan Software ANTI PLAGIARISM

Pelatihan Pemanfaatan Software ANTI PLAGIARISM

Category : Beranda , Berita , Events

UPT Perpustakaan Undip menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan software anti plagiarism checker Turnitin. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin (18/9) di ruang pertemuan lantai I gedung UPT Perpustakaan Undip Tembalang tersebut, dengan jumlah peserta 100 yang dibagi dalam 2 (dua) gelombang.

Kepala UPT Perpustakaan, Budi Setya Adhi, S.IP., MA menyatakan bahwa dengan pelatihan ini akan meningkatkan pemanfaatan software yang dilanggan dengan lebih optimal,sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.Lebih lanjut dikatakan bahwa para peserta yaitu dosen dan pustakawan serta pengelola perpustakaan di lingkungan Undip tersebut, diharapkan dapat memanfaatkan software tersebut untuk melakukan pengecekan prosentase plagiasi dalam artikel atau paper yang ditulis sebelum di unggah, termasuk untuk tugas-tugas mahasiswa.

Frida Tri Ekaputri adalah trainer dari account executive I-group memberikan penjelasan tentang bagaimana software ini dapat dipergunakan untuk menentukan tingkat kesamaan kata, kalimat atau phrasa dengan tulisan sebelumnya yang berada di internet, termasuk repository. Pada dasarnya turnitin adalah alat untuk membantu dan memberitahu atau menginformasikan paper, artikel seberapa besar similarinya artinya seberapa banyak kesamaannya dengan data base yang dimiliki turnitin yang meliputi student paper, cross rev dan semua data base online yang open acces. Hasil yang diharapkan adalah bagaimana assignment agar paper atau artikel bisa di submit. (yy)


Statistik