6th Satya Dharma Gita National Choir Festival 2017

6th Satya Dharma Gita National Choir Festival 2017

Category : Beranda , Berita , Events

Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, kembali menggelar festival paduan suara tingkat nasional yang bertajuk “6th Satya Dharma Gita National Choir Festival” beberapa hari lalu di Auditorium Imam Bardjo,SH Kampus Undip Pleburan. Dibandingkan dengan tahun lalu, pada penyelenggaraan tahun ini, 6th SDGNCF 2017 banyak perubahan yang sangat luar biasa, diantaranya adanya kompetisi komposisi, peserta kompetisi paduan suara adalah peserta yang sudah lolos babak seleksi rekaman, adanya kegiatan resital solis meso soprano, melibatkan dewan juri dan pakar yang totalnya berjumlah 12 orang. Selain itu, pada festival tahun ini, Panitia 6th SDGNCF 2017 menghadirkan 4 juri yang berasal dari luar negeri, yaitu dari Belanda dan Filipina. Demikian juga, kualitas artistik kompetisi paduan suara mulai dinaikkan, seperti memperketat seleksi rekaman, ketentuan lagu yang sangat menantang pada masing-masing kategori, serta penilaian yang cukup kompetitif dari dewan juri.

Menurut Daniswara, Ketua Panitia kegiatan ini mengatakan bahwa penyelenggaraan SDGNCF tahun ini menjadi langkah pertama bagi PSM SDG FH Undip untuk meningkatkan level festival dari skala nasional ke skala internasional. Sementara Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan Utama yang sempat hadir di acara tersebut juga memberikan semangat pada paduan suara bimbingan 2 Dosen Fakultas Hukum, Tity Wahju,SH, MHum dan Kadek Cahya Susila,SH,MH. “ Saya berharap suatu saat nanti festival ini akan menjadi festival paduan suara yang berskala internasional seperti reputasi yang telah ditorehkan selam ini,”ujarnya.

Festival tahun ini diikuti oleh 55 paduan suara yang terpilih dalam SDGNCF 2017. PSM Voca Erudita UNS menjadi 1st winner of grand champion pada kompetisi paduan suara. Sedangkan untuk kompetisi komposisi, Ken Steven (Medan) keluar sebagai juara pertama untuk kategori musica profana dan Rangga Aristo Kulas (Manado) keluar sebagai juara pertama kategori musica sacra.


Statistik