Undip Jaring Kerjasama dengan Charoen Pokphand Mengembangkan Agrotechnopark

Undip Jaring Kerjasama dengan Charoen Pokphand Mengembangkan Agrotechnopark

Category : Beranda , Berita , Events

AGROTECHNOPARK Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip dikembangkan sebagai miniatur kawasan agro kompleks dengan berbagai kegiatan yang terintegrasi antara bidang peternakan dan pertanian. Bidang peternakan meliputi budidaya ternak ruminansia (sapi perah, sapi potong dan kambing-domba) dan berbagai ternak unggas.  Undip bersama sama dengan PT Charoen Pokphand Tbk. membangun kawasan agrotechnopark berupa kandang modern Close House dan fresh market kedepannya. Kandang konvensional unggas yang dimiliki Undip selama ini akan digantikan dengan close house system atau kandang sistem tertutup.

Sistem konvensional dapat diartikan bahwa kandang unggas tersebut masih bersifat tradisional sebagaimana selama ini kita dapat menemui di peternakan rakyat. Kandang konvensional tersebut tidak dilengkapi dengan peralatan-peralatan modern dan lebih banyak menggunakan tenaga manusia untuk menjalankan operasional kandang tersebut. Namun dengan menggunakan sstem yang lebih modern, yaitu sistem close house atau sistem tertutp maka seluruh operasional kandang tersebut telah diatur sedemikian rupa melalui teknologi maju. Temperatur ruang kandang maupun kelembapan udara dapat diatur secara otomatis sehingga memberikan kenyamanan untuk ayam-ayam yang dibudidayakan. Demikian pula pemberian pakan dan air minum, juga dilakukan secara otomatis sehingga efisien tenaga anak kandangnya.

Pada perkembangannya, adanya jalinan kerjasama yang baik antara Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip dengan PT Charoen Pokphand Indonesia, maka berdirilah satu unit kandang baru sebagai hibah, yang memiliki kapasitas dua kali lebih besar, yaitu seluas 1440 meter persegi yang merupakan pengembangan komplek kandang close house baru. Kandang baru yang didirikan dan diresmikan pada 23 September 2017 ini memiliki kapasitas produksi 22.000 ekor/periode panen.

Unit Kandang ini, pendirian dan pengelolaannya memiliki fungsi utama sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan termasuk ketrampilan praktek dan kewirausahaan bagi mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip. Hingga saat ini tercatat 27 mahasiswa telah mengikuti kegiatan magang kerja di close house, 23 judul penelitian bagi tingkat sarjana dan kegiatan praktikum bagi 4 mata kuliah. Serta telah memnfasilitasi lebih dari 750 mahasiswa praktek maupun kunjungan kerja mahasiswa dari lain universitas. Tercatat lebih dari 13 mahasiswa Taiwan pernah melakukan studi di kandang close house ini.

Selain aspek kependidikan di kampus, kandang close house ini telah menerima beberapa kali kunjungan dari peternak binaan bank pemerintah dan instansi pemerintah lainnya maupun kelompok tani ternak. Oleh karena itu kandang ini memiliki multifungsi pengembangan pendidikan perguruan tinggi hingga media komunikasi berbagai stake holder khususnya di sektor peternakan.

Limbah dari peternakan ini merupakan bahan baku untuk pembuatan pupuk organik yang digunakan untuk mensuport bidang pertanian. Bidang pertanian meliputi pembibitan, perbanyakan tanaman, budidaya tanaman hortikultura antara lain tanaman buah-buahan dan tanaman sayur-sayuran. Saat ini bidang pertanian sudah mempunyai area tanaman buah-buahan yang sudah ditanami tanaman unggul antara lain durian musanking, alpukad, lengkeng, dan berbagai jenis mangga, jambu kristal dll. Teknologi irigasi tetes (drip irrigation) juga sudah diaplikasikan pada area buah-buahan tersebut. Penerangan di sekitar area agrotechnopark ini sudah menggunakan solar system. Penyempurnaan ke depan yang akan dibangun adalah dibuatnya sistem pengairan dengan memanfaatkan energi terbarukan yaitu tenaga surya dan tenaga angin. Selain itu di agrotechnopark juga sudah tersedia  unit-unit rumah kaca (green house) yang digunakan untuk penelitian dengan mengembangkan unit pertanian organik dan unit hidroponik. Kondisi cuaca di area Agrotechnopark dipantau dengan menggunakan unit Automatic Weather Station (AWS). Agrotechnopark FPP Undip ini kedepannya diharapkan dapat menjadi pusat implementasi Tri Dharma perguruan tinggi yaitu sebagai pusat pembelajaran bagi mahasiswa maupun masyarakat, sebagai area untuk penelitian bagi dosen maupun mahasiswa dan sebagai area untuk pengabdian kepada masyarakat melalui displai dan diseminasi ilmu dan teknologi bidang peternakan maupun pertanian sehingga masyarakat bisa belajar dan berwisata dikawasan tersebut. (Sutopo-Kontributor)


Statistik