Professor Tiongkok Kenalkan Teknologi Pengolahan Air ke Undip

Professor Tiongkok Kenalkan Teknologi Pengolahan Air ke Undip

Category : Beranda , Berita

Semarang – Professor Xin Yu dari Institute of Urban Environtment, China Academy of Sciencies memberikan kuliah umum mengenai teknik penyediaan dan pengolahan air bersih bertajuk Emerging Microbial Contamination Issues in Urban Drinking Water Supply System, Selasa (26/9) bertempat di Ruang Quality Hall Kampus Undip Tembalang.

Wakil Direktur Kerjasama Univeritas Diponegoro (Undip), Dr. Ir. Wisnu Pradoto ST., MT., berharap kuliah umum ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teknik penyediaan dan pengolahan air bersih sekaligus mendorong mahasiswa untuk dapat berkarya dalam penciptaan teknologi. Dr Wisnu juga berharap  mahasiswa terdorong untuk melanjutkan studi ke luar negeri dengan adanya pengenalan  China Academy of Sciences sejalan dengan visi Undip menjadi World Class University.

“Selain sebagai realisasi kerjasama Undip yang telah diinisiasi pada awal tahun dengan beberapa lembaga  kuliah umum ini merupakan kesempatan bagi 90 mahasiswa dari Teknik Lingkungan dan Studi Pembangunan untuk mengenal teknologi dalam upaya penyediaan dan pengolahan air bersih terutama air minum sekaligus memberikan dorongan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri,”paparnya.

Wisnu juga menyatakan bahwa Asia berkembang pesat dalam penerapan teknologi dan sebentar lagi dapat manyaingi dunia barat.

“Negara barat sekarang ini sudah mulai dikebut oleh Asia dalam hal perkembangan teknologi. Sehingga mahasiswa tidak lagi melulu berkiblat pada dunia barat, Asia juga mengalami perkembangan teknologi yang pesat dan sebentar lagi akan segera menyaingi teknologi barat,” ungkapnya.

Guna menindaklanjuti hal tersebut Undip mendatangkan Prof Xin Yu dari China yang merupakan ahli pengolahan air yang mencoba menyampaikan beberapa teknologi yang diterapkan di China dalam penanggulangan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat.  Kuliah umum tersebut sebagai salah satu langkah antisipasi dalam menghadapi tantangan urbanisasi yang memang dirasakan sebagai satu hal yang urgen dalam penanganan kebutuhan air bersih untuk wilayah perkotaan pada khususnya. (kontributor: Lusi Alisah)


Statistik