IKA Undip Mengkaji Pembaruan Sistem Hukum Nasional

IKA Undip Mengkaji Pembaruan Sistem Hukum Nasional

Category : Beranda , Berita

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Diponegoro ( IKA Undip ) berencana mengkaji kembali sistem hukum nasional dalam perspektif konsep dan implementasi hukum negara dalam mengatasi permasalahan bangsa khususnya terkait dengan hukum nasional.

Rencana tersebut akan diawali dengan menggelar seminar nasional bertajuk “Konsep dan Implementasi Hukum Negara Pancasila dalam Mengatasi Permasalahan Hukum Nasional” yang akan diadakan besok Sabtu ( 30/9 ) pukul 09.00 bertempat di Ruang Prof Ir Soemarman Gedung Pascasarjana Undip Jalan Imam Barjo Semarang.

Sekjen IKA Undip Achmad Muqowam mengatakan, selain karena urgensi permasalahan yang dihadapi bangsa kita dalam menghadapi perkembangan dan dinamika hukum dan demokrasi, IKA Undip ingin mengoptimalkan pemikiran para alumni terutama dari Fakultas Hukum yang sekarang menduduki posisi strategis seperti Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Dr Arief Hidayat SH MH yang akan menjadi Keynote speaker disamping, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo SH yang akan membuka seminar tersebut.

Adapun yang akan menjadi narasumber semuanya juga alumni yakni Dr Artijo Alkostar SH LLM yang sekarang menjadi Hakim Agung dan Dr Noor Rachmad SH MH, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum.

Menurut Muqowam, hasil kajian nanti akan menjadi salah satu materi pemikiran sebagai sumbangsih alumni Undip. Sebelumnya di bidang bidang lain seperti Ekonomi dan Bisnis, IKA Undip juga telah memberikan pemikiran mengenai konsep dan strategi khususnya pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka Dies Natalis Undip bulan Oktober, yang tahun ini akan berusia 60 tahun. Di samping itu sebelum seminar nasional akan berlangsung pelantikan pengurus baru DPD IKA Undip Jateng periode 2017-2022. (*)


Statistik