Undip Siap Implentasikan SIKS

Undip Siap Implentasikan SIKS

Category : Beranda , Berita , Kerjasama

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyerahkan Aplikasi Sistem Kearsipan Statis (SIKS) kepada Undip Acara serah terima aplikasi tersebut dilaksanakan pada Selasa, (10/10) di gedung Rektorat Undip Tembalang. Aplikasi diserahkan oleh Kepala ANRI Dr. Mustari Irawan  kepada Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama menyambut baik atas implementasi Sistem Kearsipan Statis (SIKS), dengan hadirnya sistem ini, arsip di Undip dapat ditata dan dikelola dengan lebih baik, sehingga dapat memperlancar tugas administrasi, ungkapnya.

“Sesuai dengan UU No 43 tahun 2009 bahwa kearsipan juga harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi negeri. menyikapi regulasi tersebut Undip akan membentuk unit pelaksana teknis yang bertugas menangani kearsipan.

Ia pun berharap bahwa kegiatan ini menjadi salah satu ajang memperpanjang kemitraan ANRI dan Undip yang sudah terbangun sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama,Kepala ANRI Dr Mustari Irawan memberikan dukungan kepada Undip agar lebih memacu perkembangan kearsipan di perguruan tinggi negeri.

“SIKS ini adalah aplikasi yang digunakan dalam rangka mendukung arsip yang dinamis. Arsip ini dapat dimanfaaatkan untuk kepentingan pelayanan mahasiswa atau mengelola dokumentasi civitas akademika. Semua hal harus kita dokumentasikan sebagai bagian dari perguruan tinggi. Nantinya arsip dapat menyelamatkan akuntabilitas dan tranparansi perguruan tinggi,” ungkapnya.

Mustari berharap melalui aplikasi ini dapat memberikan sumbangsih penyelamatan, penyimpanan dan pengelolaan yang terkait dengan Undip.


Statistik