FKM Undip Terjunkan Mahasiswa Pendamping Desa Mitra

FKM Undip Terjunkan Mahasiswa Pendamping Desa Mitra

Sabtu (4/11) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro resmi menerjunkan 368 mahasiswa baru dalam rangka membangun karakter mahasiswa baru FKM menjadi mahasiswa yang memiliki jati diri dan mampu mengembangkan soft skill. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan, mulai sejak 2013, tujuannya mahasiswa baru bisa lebih dekat dengan senior dan masyarakat di desa mitra serta berlatih komunikasi dengan ibu hamil.

Kegiatan program pengembangan diri maba merupakan kegiatan yang berkelanjutan dan diintregasikan pada desa mitra FKM Undip di kawasan Puskesmas Rowosari dan puskesmas kedungmundu semarang dengan tujuan pemetan ibu hamil berstatus risiko tinggi untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Dekan  FKM Undip Hanifa Maher Denny, SKM.,MPH.,PhD menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diimplementasikan selama 1 tahun, dengan harapan maba memiliki karakter seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat yang punya tanggung jawab yang tinggi, punya rasa kepedulian sosial, serta pola pikir ilmiah yang kritis dan kreatif terhadap masalah kesehatan yang harus dipecahkan di masyarakat berdasarkan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Negara kuat bila penduduk sehat, pendidikan merupakan aset untuk meningkatkan ketahanan bangsa,” tutur Hanifa.

“Program pengembangan ini nantinya akan berkelanjutan dan diintegrasikan pada program desa mitra FKM Undip supaya mahasiswa baru memiliki kemampuan yang berkompeten di bidang kesehatan masyarakat,” pungkas Hanifa. (Oktora/HUMAS)


Statistik

 
NEWS