Mahasiswa Asing Ikuti Internasional Student Summit 2017 di Undip

Mahasiswa Asing Ikuti Internasional Student Summit 2017 di Undip

Category : Beranda , Berita , Events

Lebih dari 100 Mahasiswa Asing dari berbagai perguruan tinggi PTN/PTS Jawa Tengah, Jogya, Jawa Timur dan Jawa Barat  Gelar Internasional Student Summit 2017 di Undip, Selasa,(14/11) di gedung ICT Centre Undip Tembalang

Para peserta terdiri dari mahasiswa asing dari berbagai Negara diantaranya Belanda, Jepang,Romania, Australia, Jerman, China, Polandia, Perancis, Slovakia, Brasil, Thailand dan USA.

International Student Sumrnit (ISS) adalah forurn pertemuan mahasiswa asing yang digelar tiap tahun di Indonesia. Memandang perlu dilakukan pembinaan terhadap mahasiswa asing dengan memfasilitasi penyelenggaraan International Student Summit.

Kepala Kantor Internasional Office Dr. Ir. Ita Widowati, DEA dalam sambutanya mengatakan bahwa forum tersebut yang diharapkan mampu mempertebal ikatan akademik dan kultural mahasiswa asing dengan pemangku kepentingan pendidikan tinggi Indonesia dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Untuk mencapai hal tersebut, Undip perlu mendorong keterlibatan mahasiswa asing, tidak hanya terkait aspek akademik namun juga aspek sosial dan kultural, dengan tujuan utama untuk menciptakan Duta Internasional Pendidikan Tinggi Indonesia

“Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa asing di Indonesia untuk  melatih kepemimpinan dalam kegiatan skala international dan bertukar pengetahuan tentang sistem pendidikan di Indonesia” ujar Ita.

Tahun ini Universitas Diponegoro didapuk menjadi co host acara ISS. Kali ini ISS mengambil terna “Connect With Respect” , yang bermakna memahami dan merayakan berbagai macam budaya. Di dalam acara ini juga diadakan “Food and Cultural Festival”. Mahasiswa asing yang sudah mendaftar dapat memperkenalkan dan membagikan makanan khas negara masing-masing  atau menampilkan kesenian yang ikonik dari negara asalnya.

Seperti pelaksanaan ISS sebelumnya, Undip juga menyelenggarakan beberapa lomba, antara lain lomba pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah, lomba membuat vlog dan lomba paper ilmiah. Lomba – lomba tersebut dilaksanakan dalam Bahasa Indonesia. Tema lomba pun bervariasi, rnulai dari sosial, budaya hingga isu – isu terkini tentang Indonesia. Selain itu, salah satu agenda rutin dalam tiap acara ISS adalah pemilihan ketua persatuan mahasiswa asing seluruh Indonesia. Pemilihan ini dilakukan secara voting oleh para peserta ISS. Biasanya universitas dimana ketua terpilih tersebut studi, menjadi co host acara ISS di tahun berikutnya. (Oktora/HUMAS)

 


Statistik