Badan Informasi Geospasial (BIG) Serahkan Bantuan Alat GPS Geodetic ke UNDIP

Badan Informasi Geospasial (BIG) Serahkan Bantuan Alat GPS Geodetic ke UNDIP

Category : Beranda , Berita , Kerjasama

GPS Geodetik adalah alat ukur GPS dengan mengunakan satelite dimana akurasi yang sangat tinggi serta ketelitian yang dihasilkan sangat akurat, alat ini dapat digunakan dalam pengukuran lahan, seperti hutan, perkebunan, dengan akurasi sampai 5-10mm.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Dr. Darsono, S.E., Akt., MBA dalam sambutanya mengapresiasi kerja sama tersebut dan mengucapkan terimakasih kepada Badan Informasi Geopasial atas dukungan dan bantuan alat ukur GPS Geodetic tersebut.

Darsono mengatakan bahwa alat tersebut akan dipelihara dan dikelola di laboratorium terpadu Undip sebagai alat penelitian atau riset.

“Undip saat ini sudah bertransformasi menjadi PTNBH, semua sumber daya harus bergerak untuk kemajuan Undip, sebagai contoh adalah kerjasama dengan pihak luar seperti ini” ujar Darsono.

Kepala Biro Umum dan Keuangan Badan Informasi Geopasial (BIG) Ali Nor Hidayat mengatakan bahwa GPS Geodetic adalah GPS yang mempunyai kemampuan untuk menangkap signal L1, L2, atau GNSS. GPS Geodetic mempunyai kemampuan untuk merekam Raw data, yang secara umum mempunyai Format RINEX. GPS ini mempunyai ketelitian lebih tinggi dari GPS Navigasi.

“Beda dengan GPS Navigasi, untuk GPS Geodetic minimal untuk mendapatkan ketelitian tinggi harus menggunakan dua alat waktu pengukuran. Jadi satu set GPS Geodetic terdiri dari dua alat, sebagai base station dan sebagai rover, dan tingkat ketelitian hingga milimeter” tutur Ali.

Ali berharap kerjasama ini kedepan tetap terjalin dan dapat menjawab semua tantangan globalisasi dan pengembangan kompetensi. (Oktora/HUMAS)

 

 


Statistik

 
NEWS