Teliti Manfaat Ampas Kecap, Abdul Malik Raih Gelar Doktor

Teliti Manfaat Ampas Kecap, Abdul Malik Raih Gelar Doktor

Category : Beranda , Berita

Ir. Abdul Malik, M.P. berhasil meraih gelar Doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Peternakan, dengan Judul disertasi “STUDY POTENSI DAN BIOTRANSFORMASI ISOFLAVON AMPAS KECAP TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN  DAN PRODUKTIVITAS AYAM PETELUR”, (Kamis,28/12) di gedung Pascasarjana Undip Pleburan.

Ujian Promosi Doktor dipimpin oleh Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian (Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc.) dan Sekretaris Sidang (Prof. Dr. Ir. Agung Purnomoadi, M.Sc. ), Promotor (Prof. Dr. Ir. Edjeng Suprijatna, M.P.), Ko-Promotor (Prof. Dr. Ir. Vitus Dwi Yunianto, M.S, M.Sc dan Prof. Dr. Ir. Luthfi Djauhari, M.Sc), dengan
penguji (Prof. Dr. Ir. Umiyati Atmomarsono, Prof. Dr. Ir. Nyoman Suthama, M.Sc, Prof. Dr. Ir. Dwi Sunarti, M.S.) dan Penguji Eksternal Prof. Dr. Ir. Sujono, M.Kes.

Dalam pemaparan disertasinya Abdul Malik menjelaskan bahwa penelitian ini bertujuan untuk optimalisasi isoflavon ampas kecap sebagai antioksidan dan fitoestrogen dalam upaya meningkatkan aktivitas antioksidan dan produktivitas ayam petelur sehingga dapat menghasilkan telur kaya antioksidan isoflavon.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa isoflavon ampas kecap memiliki kandungan isomer dalam bentuk aglikon 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan aglikon pada kedelai hitam (bahan baku kecap). Metabolisme isoflavon ampas kecap lebih efektif dan dapat meningkatkan kualitas telur ditandai dengan tingginya deposisi aglikon dalam kuning telur. Efektivitas isoflavon ampas kecap sebagai antioksidan lebih baik dalam mengatasi stress oksidatif, ditunjukkan dengan penurunan malondilaldehid (MDA) sebesar 6,5% dan peningkatan superoksida (SOD) darah masing-masing sampai 40,7%, dengan  kinerja hati semakin baik. Performan produksi juga mengalami perbaikan berdasarkan meningkatan hen day production (HDP) sampai 8,79%, dan menurunan konversi pakan sampai 14,06%. Demikian pula kualitas telur meningkat berdasarkan penurunan kolesterol sampai 33,8% dengan kandungan isoflavon kuning telur sebanyak 33,8%.

Dari pemaparan di atas Abdul Malik menyimpulan, isoflavon ampas kecap mempunyai potensi yang tinggi sebagai antioksidan dan fitoestrogen, karena sangat efektif mengatasi stres oksidatif dan menjaga produktivitas ayam tetap tinggi dengan telur rendah kolesterol dan kaya kandungan antioksidan isoflavon.

Dengan bertambahnya satu Doktor baru  sampai dengan  saat ini Program Studi Doktor Ilmu Peternakan telah meloloskan 41 Doktor sedangkan Undip sendiri pada saat ini telah memiliki 950 Doktor. (Ipung/Humas)


Statistik