Pakar Politik Amerika Beri Kuliah Umum Di UNDIP

Pakar Politik Amerika Beri Kuliah Umum Di UNDIP

Category : Beranda , Berita , Info Kampus

Executive Director of Wyoming Democratic Party, Political Campaign Manager and Political Communication Expert Aimee Van Cleave memberikan kuliauh umum di Magister Ilmu Politik (MIP) Undip mengenai Pengelolaan Parpol, Kampanye Politik dan Komunikasi Politik di Amerika Serikat, Kamis (4/1) di Dekanat FISIP, Kampus Undip Tembalang.

Dalam kuliah umum itu Aimee Van Cleave menjelaskan tentang pengalamannya dalam mendampingi para politisi di Amerika Serikat serta menceritakan mengenai partai politik dan bagaimana mengelola kampaye pemilu.

Kaprodi S2 MIP Dr. Teguh Juwono menyampaikan apresiasi terhadap kehadiran Aimee Van Cleave yang meluangkan waktu untuk memberikan kuliah umum di Magister Ilmu Politik Pascasarjana Undip tersebut dapat juga menjadi bahan bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuannya dan juga bagian dari bahan artikel nantinya.

“Aimee juga berbicara tentang budaya politik parpol termasuk bagaimana uang digunakan dalam pemilu dan politik di AS, Pengelolaan kampanye partai politik di US sangat mengandalkan voluntarisme, Para volunteers parpol tersebut tidak dibayar dan didasarkan pada aktivitas politik komunitas. Namun demikian, kampanye politik di US tetaplah memakan biaya tinggi sehingga selain mengandalkan voluntarisme, mereka juga mengandalkan kontribusi perusahaan besar, Mereka juga mengandalkan kandidat2 yang kaya sumberdaya dengan demikian, meskipun di US tidak dikenal jual beli suara seperti di Indonesia, secara kuantitas jumlah anggaran yang diperlukan sebuah partai untuk berkampanye tetap saja sangat besar.”

Acara kuliah umum tersebut dihadiri oleh dosen dan para pakar dari FISIP UNDIP serta para mahasiswa dari jurusan ilmu pemerintahan dan jurusan ilmu politik.


Statistik