Bantu Ringankan Pekerjaan Manusia, Peneliti Undip Tambahkan Dua Lengan Tambahan Robotik

Bantu Ringankan Pekerjaan Manusia, Peneliti Undip Tambahkan Dua Lengan Tambahan Robotik

Manusia dalam melakukan aktivitas yang mengharuskan lebih dari satu orang terkadang menyulitkan manusia itu sendiri, seperti saat membenarkan plafon tidak bisa dikerjakan dengan satu orang saja. Atau saat kedua tangan memegang benda dan ingin membuka pintu, aktivitas tersebut tidak bisa dilakukan satu orang.

Terinspirasi dari Dr. Octopus dalam film Spiderman, peneliti dari Teknik Undip  Dedy Mulianto, Tanto Nugroho bersama dengan dosen Teknik Mesin Undip Mochammad Ariyanto, ST, MT; Dr. Eng. Munadi, ST, MT dan Joga Dharma Setiawan, BSc., MSc., PhD. Melakukan penelitian dengan menambahkan manusia dengan dua lengan tambahan robotik. Robot ini merupakan robot lengan tambahan yang berfungsi untuk membantu pengguna (manusia) dalam menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan lebih dari dua tangan.

Pada Robot dua lengan tambahan robotik, kontrol gerakannya dikendalikan menggunakan Neural Network. Robot tersebut juga membaca sensor IMU (Inertial Measuring Unit) yang diletakkan pada kedua tangan pengguna untuk menggerakkan lengan dan flex sensor yang terpasang pada jari kelingking untuk menggerakkan soft robotic gripper,

“Cara kerjanya dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakkan sensor IMU yang di letakkan pada lengan manusia arah roll atau pitch sehingga lengan akan mengikutinya, dan menggunakan flex sensor untuk mengontrol gerakkan soft gripper dalam menggenggam objek serta flex sensor digunakan untuk mengunci gerakan sehingga tangan manusia dapat bebas bergerak saat lengan robot bekerja” ujar Tanto Nugroho dan Dedy Mulianto.

Video demo dua lengan tambahan robotik dapat dilihat pada link berikut:

Video demo dua lengan tambahan robotik

Membawa empat buah gelas sekaligus

Kedua tangan membawa laptop dan gelas, tangan roobotik membuka pintu

Kedua lengan tambahan robotik memegang papan, tangan yang lain menggambar

Menggengam dan mengebor benda dengan bantuan lengan tambahan robotik

 


Statistik

 
NEWS