Muliaman D Hadad Dikukuhkan Jadi Guru Besar UNDIP Bidang Ekonomi

Muliaman D Hadad Dikukuhkan Jadi Guru Besar UNDIP Bidang Ekonomi

Category : Beranda , Berita , Info Akademik

UNDIP mengukuhkan Muliaman Dharmansyah Hadad, S.E., MPA., Ph.D. sebagai guru besar tidak tetap dalam bidang Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip.

Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Prof.Soedarto,SH kampus UNDIP Tembalang dipimpin oleh Rektor UNDIP Prof.Yos Johan Utama, Sabtu,(13/1).

Pada kesempatan itu, Muliaman menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai guru besar dengan judul “Stabilitas Pertumbuhan: Peranan Sektor Jasa Keuangan dalam Perekonomian dan Tantangannya di Masa Depan”.

Dalam pidato pengukuhannya Muliaman menjelaskan peran penting sektor jasa keuangan sebagai penyedia dana untuk kegiatan ekonomi masyarakat tentu tidak diragukan lagi. Sektor jasa keuangan ibarat jantung yang memompakan darah segar ke seluruh bagian tubuh perekonomian.

“Di seluruh dunia, sektor jasa keuangan telah memainkan peran penting sebagai katalisator pertumbuhan, menyediakan dana bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk membiayai beraneka ragam kegiatan ekonomi, serta menjadi tempat bagi masyarakat untuk menabung atau menginvestasikan simpanannya, melindungi diri dari risiko di masa depan, dan mempersiapkan hari tua,” ujarnya.

“Kita dihadapkan pada kepentingan mendesak agar sektor jasa keuangan dapat memberikan daya dukung yang semakin optimal dalam pembangunan ekonomi nasional. Dengan peran sektor jasa keuangan yang semakin optimal, kita berharap adanya multiplier effect yang signifikan dalam pembangunan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pengentasan kemiskinan.

Sektor Jasa Keuangan dan Dukungannya terhadap Pertumbuhan Ekonomi

“Pemeliharaan  stabilitas system keuangan merupakan agenda penting yang harus terus berjalan untuk mencegah perekonomian domestik terpuruk akibat krisis dan gejolak. Bagi Indonesia yang merupakan perekonomian terbuka, stabilitas ini mutlak diperlukan karena dinamika ekonomi global akan berdampak pula terhadap perekonomian dalam negeri. Namun, stabilitas semata tidak akan cukup, terutama untuk negara-negara berkembang (termasuk Indonesia) yang perlu mendorong pembangunan ekonomi, termasuk untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar. Karena itulah, perekonomian kita menuntut peran yang lebih besar lagi dari sektor jasa keuangan sebagai sumber pembiayaan pembangunan. Dengan kata lain, dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi, stabilitas sistem keuangan harus seiring sejalan dengan menguatnya kontribusi dari sektor jasa keuangan,” pungkasnya.

Rektor UNDIP Prof.Yos Johan Utama dalam sambutannya mengatakan bahwa jabatan guru besar merupakan jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan, akan tetapi mahkota sebenarnya dari jabatan guru besar adalah kemampuan kita untuk terus mencetak karya-karya yang baik untuk kemaslahatan umat manusia, terlebih lagi sidang yang digeluti oleh Prof. Muliaman Darmansyah Hadad, SE MPA Phd yakni ilmu tentang ilmu ekonomi tentu sangat berkaitan dan bermanfaat bagi umat manusia,” tuturnya.

“Sebagai seorang ilmuwan Prof. Muliaman Darmansyah Hadad,  SE MPA Phd telah berusaha membangun teori berbagai inovasi dengan upaya ada kesatuan antara stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dalam pembangunan serta peran jasa keungan di dalamnya, pendek kata hal ini tentu merupakan upaya yang sangat luhur untuk memakmurkan dan memuliakan umat ciptaan Allah SWT.

Rektor Universitas Diponegoro mewakili segenap civitas academika UNDIP menyampaikan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya Prof Muliaman Darmansyah Hadad, SE MPA Phd beserta keluarga yang telah berhasil meraih jabatan fungsional akademik tertinggi yakni selaku Guru Besar di bidang ilmu ekonomi.

Rektor berharap kedepan Prof. Muliaman Darmansyah Hadad,  SE, MPA, Ph.D terus menghasilkan karya ilmiah yang bermutu yang terbarukan dan mampu menjaga integritas baik sebagai manusia maupun sebagai pengajar. Semoga Tuhan YME memberikan Ridho dan barokahnya.” pungkasnya. (Ipung/Humas)


Statistik

 
NEWS