Undip Didaulat Jadi Tuan Rumah ACF-SF 2018

Undip Didaulat Jadi Tuan Rumah ACF-SF 2018

Category : Beranda , Berita

Semarang, 22 Januari 2018 di Gedung ICT-1 Undip

Pada Tahun 2018, kegiatan Asian Concrete Federation – Sustainability Forum (ACF-SF) diadakan di Indonesia, sebagai bentuk kerjasama antar perguruan tinggi. Sebagai Host acara tahun 2018 adalah Universitas Diponegoro yang didukung oleh konsorsium antara lain Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Kristen Petra, Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta bekerja sama dengan Asian Concrete Federation Sustainability Forum (ACF-SF), Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI), Konsorsium Riset Geopolimer Indonesia (KORIGI), Federation Internationale du Beton (fib-Indonesia), bermaksud mengadakan sebuah seminar dengan tema “ Innovation And Application Of Sustainability In Concrete And Construction”.

Pesatnya perkembangan kemajuan teknologi dan pembangunan di negara-negara kawasan Asia dan sekitarnya termasuk pembangunan infrastrukturnya, menjadikan kegiatan perekonomian yang semakin menggeliat, hal ini juga memberikan efek kerja sama antar negara-negara terutama di sektor pembangunan dan konstruksi menjadi sangat penting, termasuk didalamnya adalah kerjasama dalam berbagi keahlian dan pengalaman, baik dalam bidang penelitian maupun seminar-seminar.

Asian Concrete Forum sebagai venue bagi para ahli dan perwakilan institut beton di Asia berlangsung sejak 2001. Asian Concrete Federation secara resmi diresmikan pada Konferensi Internasional ACF ke-1 yang diselenggarakan oleh Thailand Concrete Association di Chiang Mai pada bulan Oktober 2004. Setelah itu, ACF terus melakukan program-program berkelanjutan di seluruh Asia yang membahas tentang perkembangan serta inovasi-inovasi material beton dalam dunia konstruksi.

ACF-SF 2018 diikuti oleh lebih dari 200 peserta, menghadirkan 3 pembicara utama dari Jepang antara lain : Prof. Koji Sakai ( Chair of ACF-SF); Prof. Hiroshi Yakota; dan Prof. Takafumi Noguci.

Selain tersebut diatas, pada sesi panel diskusi menghadirkan Bachtiar Effendi dari PT. PP; Ir. Sidiq Purnomo dari PT. Wika Beton; Prof. Andreas Wibowo dari Kementrian PUPR; M. Agung Wibowo, PhD dan Ferry Hermawan, Ph.D dari Undip; serta Dr. Januarti Jaya dari Korigi ITS Surabaya.

Dekan FT Dr. M Agung Wibowo, Ph. D dalam sambutannya merasa bangga Undip sebagai tuan rumah kegiatan ACF – SF 2018. Dekan berharap dalam seminar tersebut kedepan akan tercipta kerjasama dalam berbagai keahlian dan inovasi.

Ketua panitia kegiatan ACF-SF, Prof. Han Ay Lie menyambut baik acara tersebut, Prof. Han mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya untuk kepentingan Undip semata, tetapi bertujuan untuk kepentingan seluruh peserta dari penjuru Asia. (Oktora/HUMAS)


Statistik

 
NEWS
PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA KEPADA JAKSA AGUNG H.M. PRASETYO,GEDUNG PROF.H.SOEDARTO,SH UNDIP TEMBALANG