Ahli Konstruksi Dunia Kerjasama dengan Pakar Undip

Ahli Konstruksi Dunia Kerjasama dengan Pakar Undip

Category : Beranda , Berita , Kerjasama

Ahli konstruksi dunia bekerjasama dalam Penelitian Perbandingan Kekuatan Lentur FRP Wrap dan FRP Rod yang dilaksanakan di Laboratorium Bahan dan Konstruksi Teknik Sipil UNDIP,yakni Prof. Han Ay Lie, Diponegoro University, Dr. Sri Tudjono, Diponegoro University, Agung Budipriyanto, Ph.D, ITS, Prof. Buntara S. Gan, Nihon University, Koriyama-Japan, Prof. Hsuan-Teh Hu, National Cheng Kung University–NCKU, Taiwan, Dr. Techn. Sholihin As’ad, Universitas Sebelas Maret–UNS, Surakarta-Indonesia, Ir. Hioe Hartono, PT. SIKA Indonesia

FRP (Fiber Reinforcement Polymer) adalah suatu bahan yang dipergunakan dalam dunia konstruksi sebagai bahan untuk memperkuat struktur. Dalam hal ini, pihak-pihak tersebut diatas bekerjasama dalam mengadakan penelitian mengenai bahan FRP yang diproduksi oleh PT. SIKA Indonesia, pada hari Senin-Selasa 29-30 Januari 2018,untuk mengetahui pengaruh bahan tersebut terhadap kekuatan dan suatu bangunan konstruksi.

Penelitian yang dilakukan kali ini menggunakan FRP dengan tipe wrap dan tipe rod. FRP pada percobaan ini diaplikasikan pada benda uji balok beton bertulang berbentuk T. FRP dipasang pada daerah tertentu agar memberikan pengaruh yang signifikan pada kekuatan balok. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan kekuatan dari balok T yang dipasang FRP tipe wrap dengan balok T yang dipasang FRP tipe rod. Serta akan dibandingkan pula kemudahan pengerjaan dari dua tipe tersebut. Diharapkan dengan mengaplikasikan FRP ini akan meningkatkan kekuatan dari suatu konstruksi.

7 pihak yang bekerjasama tersebut diatas yang berasal dari 5 universitas dan 1 perusahaan telah sepakat untuk bekerjasama dalam mengembangkan penelitian ini, dan akan mempublikasikan hasil dari penelitian ini dalam sebuah jurnal karya ilmiah dan akan mengusahakan pengimplementasian hasil dari penelitian ini pada proyek-proyek konstruksi di masa depan. Dipimpin oleh ketua departemen Teknik Sipil UNDIP, Ilham Nurhuda, PhD, ketuju pihak tersebut diatas menandatangani kesepakatan kerjasama di laboratorium bahan dan konstruksi Teknik Sipil UNDIP.

Lebih lanjut: Parama (T Sipil) 08176787599


Statistik

 
NEWS
PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA KEPADA JAKSA AGUNG H.M. PRASETYO,GEDUNG PROF.H.SOEDARTO,SH UNDIP TEMBALANG