KKN UNDIP di Pati Meriahkan Margoyoso Festival 2018

KKN UNDIP di Pati Meriahkan Margoyoso Festival 2018

Sejumlah lebih dari 160 mahasiswa KKN Undip tim I 2018 menggelar margoyoso fest di pendopo Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Sabtu (3/2).

Selama lebih dari satu bulan mahasiswa melaksanakan tugas akademik dan menempa pengalaman terjun langsung ke dunia kerja dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam suatu kegiatan Kuliah Kerja Nyata

/ KKN. Kegiatan KKN tersebut tersebar di beberapa desa pada Kecamatan Margoyoso yaitu desa pangkalan, waturoyo,kajen, ngemplak kidul,dan soneyan.

Kegiatan Margoyoso Fest tersebut tidak hanya menampilkan expo produk umkm saja, tetapi ada beberapa kegiatan lain yaitu jalan sehat, donor darah dan medical check up, pertunjukan panggung, serta pembagian doorprize.

Selain bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, Tim I KKN Undip 2018 juga mendapatkan sponsor hingga tercapainya festival ini, diantaranya dari Yamaha dan perusahaan percetakan setempat.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Dr. Redyanto Noor, M.Hum mengucapkan terima kasih atas diterimanya mahasiswa Undip untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Pati. Selanjutnya beliau berharap bahwa program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Asisten Bupati Pati, Edi Sulistyono mengemukakan bahwa kehadiran mahasiswa dapat memberikan warna lain tetutama tentang pemberdayaan masyarakat.

“Masyarakat desa seperti batu besar yang memiliki potensi namun hanya diam,  dan mahasiswa yang harus berperan sebagai pengungkit, sehingga mampu menggerakkan batu yang besar tersebut” katanya.

“Harapan kami masyarakat dapat melanjutkan program program yang ditinggalkan oleh mahasiswa  sehingga ketika mahasiswa kembali ke kampus nantinya ada keberlanjutan sehingga  tidak kembali menjadi statis.  Kami merasa kebijakan masa mahasiswa melakukan KKN Perlu ditinjau ulang, karena masyarakat membutuhkan pendampingan yang lebih lama” imbuhnya.

 

 

Lebih lanjut, mahasiswa KKN Undip juga memaparkan sejumlah program dan penemuan yang menarik antara lain pemaparan dari Mahasiswa Tim Kkn Undip di kecamatan margoyoso desa bulumanis lor mengenai program mitigasi bencana di pesisir pantai utara, dimana mahasiwa melakukan sosialisai dan pembuatan poster akan bencana banjir serta pembuatan sumber pembuangan yg efisien, selanjutnya di Kecamatan Bulumanis Kidul yaitu penerapan teknik penanaman sayur hidroponik dengan media produk digunakan untuk penanamn di kolam lele, Kecamatan Purworejo membuat biogas yang menangani limbah dari kotoran sapi dengan skala rumahan agar dapat memangkas biaya produksi, serta pemaparan dari mahasiswa Kecamatan Ngemplak Kidul yaitu pembuatan tenda prisma plastik UV untuk alat pengeringan proses pengeringan kripik dengan waktu yang singkat yaitu hanya 1 hari.


Statistik

 
NEWS
PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA KEPADA JAKSA AGUNG H.M. PRASETYO,GEDUNG PROF.H.SOEDARTO,SH UNDIP TEMBALANG