KKN Undip Gelar “Pemalang Punya Karya”

KKN Undip Gelar “Pemalang Punya Karya”

Setelah selama satu bulan melaksanakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata), mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro tahun 2018 kabupaten Pemalang menggelar ekspo hasil karya dengan menggandeng beberapa UMKM di kabupaten Pemalang dengan tema “Pemalang Punya Karya”, Minggu (4/2).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA mengucapkan terima kasih atas diterimanya mahasiswa Undip untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat terutama bagi masyarakat desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.

Lebih lanjut Prof. Zainuri menjelaskan bahwa pogram Kuliah Kerja Nyata mahasiswa mempunyai 3 tujuan, antara lain : bagaimana meningkatkan kompetensi mahasiswa, bagaimana mengintroduksi teknologi tepat guna, sebagai uji bagi mahasiswa sebelum mereka lulus dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Bersama  dengan beberapa UMKM digelar ekspo hasil karya dengan tema “Pemalang Punya Karya”. Untuk terjun dalam program KKN tersebut mahasiswa dibekali dengan semangat COMPLETE yakni Communicator ( mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis), Professional (bekerja sesuai dengan prinsip, pengembangan berdasar prestasi dan menjunjung tinggi kode etik), Leader (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, kerjasama), Entrepreneur (etos kerja tinggi, ketrampilan berwirausaha, inovatif, kemandirian), Thinker (berfikir kritis, belajar sepanjang hayat, peneliti) dan Educator (mampu menjadi agen of change).

Acara ekspo bertajuk “Pemalang Punya Karya” dihadiri pula oleh Bupati Pemalang, Bapak H. Zunaidi, SH.,MM. Dalam sambutannya, Beliau menyambut baik mahasiswa KKN Tim 1 Undip Tahun 2018 yang sudah memberikan semangat dan dorongan bagi masyarakat melalui ekspo bersama UMKM masyarakat kabupaten Pemalang. Terdapat 440 mahasiswa KKN Undip yang diterjunkan di Kabupaten Pemalang yang dibagi dalam beberapa kecamatan.

Beliau juga menyampaikan bahwa program mahasiswa KKN mampu mengembangkan sumber daya masyarakat sekitar dan keilmuan yang diterapkan berguna untuk pemberdayaan desa dan masyarakat.

Dalam ekspo tersebut, ditampilkan pula beberapa hasil riset dari mahasiswa seperti pembuatan pupuk organik cair guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas Air Baku, dan komposter aerob skala rumah tangga. Diharapkan hasil karya tersebut dapat diterapkan dan membantu bukan hanya masyarakat setempat, tetapi juga untuk skala yang lebih luas.(Utami Humas)


Statistik

 
NEWS
PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA KEPADA JAKSA AGUNG H.M. PRASETYO,GEDUNG PROF.H.SOEDARTO,SH UNDIP TEMBALANG