UNDIP Kembangkan Bus Listrik di Jawa Tengah

UNDIP Kembangkan Bus Listrik di Jawa Tengah

Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerja sama dengan National Center for Sustainable Transportation (NCSTT) menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Road Show Industri di Serrata Hotel, Semarang (1/2)

Dilanjutkan keesokan harinya dengan mengunjungi industri karoseri di Jawa Tengah. Kegiatan ini diadakan untuk memberikan informasi yang komprehensif tentang program, prosedur, dan dokumen pendukung yang berkaitan dengan keuangan, hibah dan pemantauan, dan evaluasi secara rinci kepada semua peneliti cluster bus listrik serta untuk menciptakan antusiasme dan pemahaman tentang visi dan tujuan dari USAID-SHERA (United States Agency for International Development Sustainable Higher Education Research Alliances).

Menurut Dr. Ing. Ismoyo Haryanto, PIC program USAID-SHERA di UNDIP dan juga ketua Diponegoro Electric Vehicle and Transportation Research Center (DEVTREC), bahwa lebih dari 12 peneliti UNDIP ikut serta program USAID-SHERA. Karena penelitian elektrifikasi kendaraan melibatkan topik multidisiplin, DEVTREC memiliki anggota dari berbagai departemen/fakultas seperti Departemen Teknik Mesin, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Sains dan Matematika, dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

“ Di UNDIP, DEVTREC difasilitasi oleh dua laboratorium utama yang ada di UPT Laboratorium Terpadu: Electrical Analysis and Engineering Measurement for Reliability Analysis Lab yang dipimpin oleh Dr. Eng. Gunawan Dwi Haryadi, dan Robotics and Automation Lab,dipimpin oleh Joga Dharma Setiawan, PhD” jelas Ismoyo.

Dalam sambutan pembukaannya, Jati Utomo Dwi Hatmoko, PhD Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Inovasi, Fakultas Teknik UNDIP menjelaskan bahwa UNDIP akan mendorong dan mendukung peneliti UNDIP untuk berpartisipasi lebih aktif dalam kolaborasi penelitian ditingkat nasional dan internasional termasuk program USAID-SHERA ini dengan harapan dapat meningkatkan jumlah publikasi penelitian dan kualitas lulusan UNDIP.

Dalam sambutannya, Direktur NCSTT, Dr. Sigit Puji Santosa menjelaskan keseluruhan bidang penelitian yang sedang dilakukan.

“NCSTT adalah Collaborative Research Center (CCR) yang didirikan di Institut Teknologi Bandung (ITB). NCSTT bekerja sama dengan institusi pendidikan dan penelitian terkemuka di dunia yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat dan enam universitas lainnya di Indonesia dimana UNDIP adalah mitra utama di Indonesia” ujar Sigit.

Sigit menambahkan NCSTT memperoleh hibah hingga 3 juta USD selama 4 tahun dari USAID-SHERA. Dana ini dialokasikan untuk mendukung penelitian dalam elektrifikasi kendaraan dan inovasi produk, pembangunan infrastruktur,keamanan transportasi dan juga untuk kebijakan teknologi, perencanaan, bisnis, dan transit oriented development (TOD) untuk memastikan agar program ini layak dilaksanakan dalam setiap aspek yang terperinci. (Kontributor: Jati Hatmoko/Ed. Oktora)

 


Statistik

 
NEWS
PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA KEPADA JAKSA AGUNG H.M. PRASETYO,GEDUNG PROF.H.SOEDARTO,SH UNDIP TEMBALANG