KKN Tim 1 Undip Tahun 2018 Gali Potensi Kawasan Wisata Temanggung Go Internasional

KKN Tim 1 Undip Tahun 2018 Gali Potensi Kawasan Wisata Temanggung Go Internasional

Sabtu, (10/2) program pengabdian masyarakat KKN Tim 1 Undip tahun 2018 di Kabupaten Temanggung menggali potensi kawasan wisata menjadi kawasan wisata yang berbasis eduwisata. Potensi kawasan wisata tersebut meliputi alam, ternak, pertanian dan budaya. Hal tersebut dipaparkan oleh mahasiswa KKN pada kegiatan expo yang bertemakan “ Temanggung Berbudaya” di Kecamatan Tembarak, Temanggung.

Salah satu kecamatan yang akan di ekspansi potensi wisatanya adalah Kecamatan Bansari yang berkonsep taman edukasi, pembibitan dan kesenian. Adapun arah pengembangan kedepan seperti perbaikan infrastruktur jalan, renovasi fasos dan fosum, penambahan wahana playing ground, penambahan sarana pendukung seperti wahana outbond, saung, toilet umum, dan lahan parkir, pembenahan fasilitas ketersediaan air bersih, dll.

beberapa contoh konsep desa eduwisata oleh mahasiswa KKN Undip

Untuk realisasi dari beberapa konsep diatas, mahasiswa didampingi dosen telah melaksanakan FGD dan sosialisasi dengan pemerintah setempat serta telah dianggarkan.
Kunjungan wisatawan asing lewat program workway telah dilakukan, sebagai upaya mempromosikan desa Rejosari, Kecamatan Bansari kepada wisatawan asing dengan memperkenalkan keramahan, kelembutan, dan kehangatan warga desa serta potensi desa dari segi pertanian, peternakan, wisata, dsb. Tercatat sejak bulan Oktober 2017, 9 warga asing dari berbagai negara telah berkunjung dalam jangka waktu yang berbeda.

Selain program di Kecamatan Bansari, mahasiswa KKN Undip Tim 1 tersebar di 3 kecamatan lain yaitu Tembarak, Selopampang, dan Tlogomulyo dengan total di Kabupaten Temanggung tersebut 320 mahasiswa.
Ketua Lembaga LP2MP Undip Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D dalam sambutanya mengatakan bahwa KKN merupakan satu momen yang sangat berharga bagi mahasiswa karena mahasiswa dapat langsung berinteraksi dengan kenyataan di lapangan yang belum pernah didapatkan sebelumnya di lingkungan kampus.

Prof. Edy juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kab. Temanggung yang telah menerima mahasiswa Undip untuk melakukan salah satu program Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat melalui KKN serta berharap mahasiswa KKN Undip bisa membawa dampak yang positif bagi warga Kab. Temanggung.

“ waktu KKN tersebut merupakan kesempatan yang baik untuk menimba ilmu dan mengembangkan potensi-potensi di masyarakat daerah” tutur Prof. Edy.

Kabag Litbang Bapeda Temanggung, Danang Purwanto dalam sambutannya mengapresiasi keuletan dan kesungguhan mahasiwa Undip dalam menjalani kegiatan KKN, salah satunya yaitu menggali potensi desa- desa yang selanjutnya dihubungkan dengan pihak-pihak luar yang berkepentingan. (Oktora/HUMAS UNDIP)


Statistik

 
NEWS
PENGANUGERAHAN GELAR DOKTOR HONORIS CAUSA KEPADA JAKSA AGUNG H.M. PRASETYO,GEDUNG PROF.H.SOEDARTO,SH UNDIP TEMBALANG