Mahasiswa Muslim UNDIP Siap jadi Da’i Zaman Now

Mahasiswa Muslim UNDIP Siap jadi Da’i Zaman Now

Category : Beranda , Berita , Info Kampus

Dalam rangka pembinaan karakter mahasiswa, Takmir Masjid Kampus Universitas Diponegoro (Undip) menggelar pelatihan Da’i angkatan ke-5  baru-baru ini. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip, diikuti lebih dari 150 mahasiswa dari lingkungan Undip dan dari luar Undip.

Ketua Takmir Masjid Kampus Undip, H. Nirmolo Supriyono dalam sambutannya menyampaikan, bahwa di dalam Al-Quran terdapat sejumlah ayat  yang berisi anjuran bagi setiap muslim untuk berdakwah,  menyeru dalam hal kebajikan dan mencegah kemungkaran,” ujarnya.

“Berdakwah tidak boleh dengan kekerasan, karena  hidayah tidak bisa dipaksakan oleh manusia, karena Allah-lah penentu siapa saja yang  akan diberikan hidayah,” tandasnya.

Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip Suyatno menyampaikan bahwa  pelatihan da’i merupakan salah satu kegiatan yang sangat positif untuk  menghasilkan calon-calon intelektual masa depan yang berkualitas dan berakhlak mulia,  dan  kegiatan ini perlu dijadikan agenda rutin bidang kemahasiswaan yang didukung oleh semua fakultas seperti halnya kegiatan mentoring dan tilawatil Quran,” ungkapnya.

“Kegiatan pelatihan da’i merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Undip untuk menyiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan berdakwah yang sesuai dengan perkembangan jaman.

“Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dibimbing oleh narasumber dan praktisi dakwah Islam yang handal dan berpengalaman. Hadir sebagai pemateri utama atau  keynote speaker adalah wakil ketua umum MUI Jawa Tengah, Prof Dr. Ahmad Rofiq, MA.

Sejumlah materi kunci yang harus dikuasai oleh seorang da’i secara runut diberikan kepada peserta pelatihan, seperti: materi retorika dakwah kampus oleh Dr. Hasan Asari Ulamai, MA; materi fiqih khutbah oleh Dr. Muhammad Abdullah, MA;  materi adab dakwah oleh Drs. Soedjarwo, M.Pd.;  materi fiqih dakwah oleh Prof Mashrukhi, M.Pd.; materi tartil Al Qur’an oleh Mukhlisin M.Pd.I  dan materi akidah dalam dakwah oleh Dr. Fakhrudin Aizi Lc. MA.  Peserta selain mendapatkan materi tersebut, juga melakukan kegiatan praktik dakwah. Sebelum acara ditutup, panitia menyerahkan sertifikat bagi peserta pelatihan yang berhasil menyelesaikan pelatihan dengan baik.


Statistik

 
NEWS
INFO UNDIP : BAGI MAHASISWA ASAL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) YANG KELUARGANYA TERKENA BENCANA DAN MEMBUTUHKAN BANTUAN, DAPAT MENGHUBUNGI WAKIL REKTOR 1 (BID.AKADEMIK & KEMAHASISWAAN), REKTORAT UNDIP GEDUNG WIDYA PURAYA LANTAI 2, TELP. 024-7460014, 081390262864