Peringati Hari TB Sedunia UNDIP Gelar Talkshow dan Senam

Peringati Hari TB Sedunia UNDIP Gelar Talkshow dan Senam

Category : Beranda , Berita , Events

Universitas Diponegoro menggelar acara talkshow dan senam sehat dalam rangka menyambut hari Tuberkulosis sedunia yang jatuh padi tanggal 24 Maret di Lapangan Widya Puraya Undip (23/3). Acara tersebut dihadiri oleh civitas akademik, dinas kesehatan semarang, dan jajaran direksi RSND Undip.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Sumber Daya Undip Dr. Darsono mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dari RSND yang telah menggelar acara tersebut. Darsono juga menambahkan peringatan hari TB tersebut guna meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya civitas akademik terkait penanggulangan TB.

Ketua Tim Promosi Kesehatan RSND dr. Endang Ambarwati, Sp.RM, SpKFR(K) dalam sambutannya mengemukakan bahwa dalam menyambut hari Tb sedunia, setiap pasien TB harus ditemukan dan diobati sampai sembuh agar penularan TB di Indonesia dapat dihentikan. Peran keluarga pada gerakan ini sangat penting, karena semangat dan kepatuhan pasien untuk minum dan menelan obat ditentukan oleh dukungan keluarga dengan gerakan TOSS TB (Temukan Tb Obati Sampai Sembuh).
Lebih lanjut, Endang Ambarwati menyatakan bahwa seluruh Puskesmas di Indonesia telah dapat memberikan pelayanan pengobatan TB. Di samping itu, sebagian klinik, RS, dokter praktik swasta telah mampu memberikan pelayanan pengobatan TB.

“Obat TB diberikan secara GRATIS, namun harus diminum TERATUR sesuai aturan dari dokter untuk mencegah dari kebal terhadap obat TB”, tegas Endang Ambarwati.
(oktora/ humas)

 


Statistik