Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Siapkan Laboratorium Bloomberg Pertama di Indonesia

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Siapkan Laboratorium Bloomberg Pertama di Indonesia

Category : Beranda , Berita , Info Kampus

Dalam upaya meningkatkan fasilitas sarana prasarana belajar mengajar, penelitian, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) sedang dalam proses membangun Laboratorium Bloomberg bekerjasama dengan Bloomber L.P., New York. Fasilitas laboratorium ini adalah upaya lanjutan dari fasilitas satu terminal Bloomberg yang sudah beberapa tahun ini tersedia di FEB Undip serta untuk pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi dan menjadi sekolah bisnis dan ekonomi terkemuka di dunia.

Menjelang pemasangan perangkat laboratorium, Bloomberg memasang 2 terminal lagi di FEB Undip sehingga saat ini sampai sebulan ke depan (launching Lab Bloomberg), jumlah terminal yang tersedia di FEB Undip adalah 3 terminal.

Dengan terminal Bloomberg ini, pengguna dapat mengakses data-data keuangan secara realtime, data time series untuk pasar uang, pasar modal, data keuangan lainnya dan akuntansi perusahaan tercatat, berbagai data perkembangan portofolio dan analisis teknikal pasar, simulasi pasar, data ekonomi (makro ekonomi), global market dan database IPO.

Wakil Dekan Bidang Riset dan Inovasi, Firmansyah, Ph.D. mengemukakan bahwa laboratorium tersebut dibangun untuk menunjang proses belajar mengajar dan penelitian dan menyiapkan mahasiswa dan dosen di Undip yang memiliki kemampuan terbaik secara internasional serta dalam rangka FEB Undip menjadi sekolah ekonomi dan bisnis yang berdaya saing dan terkemuka pada level internasional.

“Laboratorium Bloomberg dalam proses pengadaan, yang diharapkan selesai dalam 1-2 bulan ke depan, dan FEB Undip akan menyediakan 12 unit terminal Bloomberg yang akan di support langsung oleh Bloomberg, LP., New York, USA”. tutur Firmansyah.

“FEB Undip patut berbangga karena laboratorium ini adalah yang pertama kali di indonesia, dan dalam waktu kedepan akan disiapkan kurikulum, pelatihan dan peningkatan pesat softskill pengguna. Untuk itu disiapkan Tim Bloomberg FEB Undip, untuk mendukung civitas akademika FEB dan Undip secara keseluruhan”. ujarnya.

Laboratorium ini juga akan mengadakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi bagi pengguna. Khususnya untuk mahasiswa, dengan adanya fasilitas ini diharapkan menjadikan lulusan FEB Undip berkualifikasi terbaik dan mampu bersaing pada level internasional.


Statistik